Diantara sekian banyak burung kicau, Murai batu adalah salah satu yang paling banyak disukai karena memiliki tingkah yang menggemaskan dan juga suara merdu. Selain memelihara untuk lomba, tren ternak murai batu berbagai jenis juga mulai di lirik banyak pihak, meskipun untuk sampai budidaya jenis burung yang satu ini membutuhkan treatment khusus yang tidak mudah.

Dilansir dari inews jatim, seorang pemuda dari desa Jambu, Kecamatan Cerne, kabupaten Gresik Jawa Timur bernama bagus berhasil melakukan ternak murai batu albino dengan omset mencapai ratusan juta untuk satu pasangnya.

Baca Juga: Suara Burung Murai Batu Gacor Full Isian MP3

Omset ternak murai batu, khususnya untuk albino memang cukup menggiurkan. Bahkan bagus bisa menjual hingga 150 juta untuk satu pasang burung murai batu albino yang sudah besar dan memiliki kicauan memukau.

Seperti yang kita ketahui, burung murai batu adalah burung teritorial yang tidak segan untuk mempertahankan wilayah kekuasaanya, sehingga burung ini memiliki tingkah yang sangat menarik pada saat fight dengan burung sejenis. Sedangkan untuk burung murai batu Albino adalah burung murai yang memiliki kelainan genetik, tidak hanya memiliki warna bulu yang lebih unik, burung ini biasanya juga memiliki kicauan yang lebih menarik.

Bagus memulai ternak murai batu albino ini di rumahnya sendiri, tepatnya di lantai dua. Bagus sudah memiliki 6 kandang murai batu, sedangkan untuk muri batu albinonya di rawat dalam dua kadang.

Meskipun prospek ternak murai batu sangat menggiurkan, namun hal ini tidak mudah untuk dijalani, dibutuhkan ketlatenan dan usaha yang keras. Apalagi untuk murai batu Albino yang menurut penuturan bagus termasuk burung yang sangat sensitif, jika salah memberikan pakan, bukan tidak mungkin kalau ternak murai batu ini akan gagal.

Bagus juga memberikan beberapa tips jika ada penghobi burung lainnya yang ingin melakukan penangkaran murai batu, khususnya murai batu albino. Selain menjaga kebersihan kandang, menurut bagus pemberian makanan dan bagaimana pola pemberian pakan termasuk hal yang sangat penting di balik kesuksesan menangkarkan burung satu ini.

Berkat ketelatenan dan kepiawaiannya dalam memelihara murai batu, murai batu albino nya dalam satu tahun bisa beranak sampai 6 ekor. Namun hasil dari keturunan yang pertama sampai ketiga belum memuaskan, baru yang keturunan ke 4 dan seterusnya mulai kelihatan kualitasnya. Bahkan di awal-awal, ada juga anakan murai albino yang mati, karena memang sulit.

Tidak hanya murai batu albino, Bagus juga sukses melakukan ternak murai batu jenis lainnya. Ia juga sempat mengenalkan prestasi salah satu murai batu peliharaanya bernama Bima Saksi, yang pernah berhasil menjurai piala presiden. Nah Bima Saksi ini pernah ditawar dengan harga 600 juta, sebuah angka yang sangat fantastis, namun tidak membuat bagus luluh, dan dengan keras menolaknya, karena akan digunakan sebagai indukan.

Baca Juga: Rahasia Murai Batu Ngotot di Area Lomba

Bagaimana? Melihat harga murai batu albino yang bisa sampai 150 juta, apakah sahabat mkicau tertarik untuk membudidayakan burung satu ini? Yang jelas memang tidak mudah, namun jika sahabat mkicau terlaten dan bisa belajar dari pengalaman, suatu saat pasti akan berhasil.

Write A Comment