mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Mkicau lovers tentu tahu bahwa akhir-akhir ini banyak penghobbi burung yang lebih suka memeliharanya dalam sebuah kandang aviary, yakni kandang dengan ukuran besar yang ekosistemnya dibuat seperti alam agar si burung bisa terbang dan merasakan pengalaman yang sama seperti di habitat aslinya.

Aviary juga sering dikatakan sebagai kandang terbang, karena ukurannya yang besar tentu saja memungkinkan untuk si burung yan hidup didalamnya terbang kesana-kemari. Namun ada beberapa kesulitan ketika akan membuat kandang aviary dengan ukuran besar seperti luas lahan yang dibutuhkan sampai dengan biaya yang harus di keluarkan.

Baca Juga: Apa itu Kandang Aviary? Inilah Pengertiannya

Jika masalah yang pertama bisa diatasi dengan baik, umumnya biaya yang harus dikeluarkan menjadi hambatan yang cukup pelik. Dari pada memaksakan diri dengan hasil yang kurang maksimal, membuat kandang aviary sederhana dengan ukuran kecil bisa menjadi solusi. Dalam kesempatan kali mimin akan mencoba untuk berbagi tips dalam pembuatan kandang aviary ukuran kecil lengkap dengan designnya.

Tips Membuat Kandang Aviary Ukuran Kecil

Dibandingkan dengan memelihara burung dalam sangkar, aviary tentu memberikan manfaat yang lebih banyak pada si burung. Ruangan yang lebih besar akan memastikan bahwa burung mendapatkan kualitas hidup yang lebih layak, bisa melakukan berbagai aktivitas, bergerak dengan lebih leluasa yang pada akhirnya akan membuat burung menjadi lebih sehat. Meskipun aviary yang kita buat ukurannya kecil, pastikan kamu juga memperhatikan beberapa unsur penting yang ada pada kandang aviary.

Keamanan Menjadi Prioritas

Tujuan kita membuat kandang aviary adalah untuk membuat burung bisa melakukan berbagai aktivitas yang biasa mereka lakukan di alam liar. Kita mencoba untuk mendesain kandang yang mampu memberikan pengalaman dan kebebasan pada si burung, namun jangan sampai hal ini justru mengabaikan faktor keamanan pada si burung.

Burung yang kita pelihara dalam sangkar memiliki risiko yang lebih besar untuk di mangsa beberapa hewan buas seperti ular, kucing, musang, anjing, dan hewan lainnya. Dalam hal ini, kualitas bahan harus benar-benar kita perhatikan. Pastikan kayu dan kawat yang akan kita gunakan memiliki kualitas yang baik.

Ekosistem yang Mirip Alam Liar

Aviary biasanya dibuat untuk kandang jenis outdoor, dimana dalam kandang terdapat ekosistem yang mirip dengan alam liar dimulai dari sumber air, tanaman, area untuk menikmati cuaca, tempat berlindung dari panas dan hujan, dan lain sebagainya. Meskipun ukurannya kecil, ini penting untuk memastikan burung yang kita pelihara bisa hidup dengan lebih sehat.

Tempat makanan bisa kamu letakan pada bagian yang terlindung dari panas dan hujan. Ini penting untuk memastikan bahwa makanan yang kita sediakan akan tetap aman selama hujan.

Pondasi Bata dan di Aci

Diatas kami sudah mengatakan bahwa kita harus membuat aviary yang mampu memberikan keamanan pada burung dari gangguan pemangsanya, meskipun sudah dibuat dengan bahan yang berkualitas, kadang ada satu yang kelewat, yakni ular masih bisa masuk, sehingga bukannya aman, burung yang ada di dalamnya justru dengan mudahnya dimakan ular.

Salah satu antisipasi yang bisa kita lakukan untuk menghindar hal ini adalah membuat pondasi dari bata, agak tinggi dan sudah di aci dengan semen. Tujuannya agar permukaan menjadi licin sehingga ular tidak bisa merangkak masuk kedalamnya. Cara ini cukup efektif untuk memastikan bahwa ular tidak masuk kedalam kandang aviary.

Ide Desain Kandang Aviary Sederhana Ukuran Kecil

Dalam artikel ini mimim mkicau ingin sedikit memberikan inspirasi dan bukti bahwa keterbatasan biaya sebaiknya tidak menghambat kita untuk mewujudkan apa yang kita inginkan, termasuk membuat kandang aviary. Dengan beberapa pendekatan dan ide kreatif, kita bisa kok membuat kandang aviary kecil yang murah namun tetap aman untuk si burung, seperti beberapa gambar dibawah ini.

Baca Juga: Mudah diternak, Inilah Daftar Harga Burung Falk Terbaru 2021

Bagaimana? dari beberapa design yang mimin bagikan, mkicau lovers lebih suka yang mana? untuk kamu yang sudah pernah membuat kandang seperti ini juga bisa sharing melalui kolom komentar dibawah ya.

Write A Comment