mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Memelihara burung dalam sebuah kandang semi alam yang selama ini kita kenal sebagai aviary memang sedang menjadi tren, alih-alih memeliharanya dalam sebuah sangkar kecil, penghobi burung kini ingin memberikan sesuatu yang lebih nyaman bagi burung peliharaan, karena memang aviary didesain mirip dengan habitat aslinta, termasuk vegetasi tanaman yang ada dalam kandang tersebut.

Beberapa waktu lalu ada beberapa mkicau lovers yang bertanya tentang apa saja tanaman yang cocok untuk kandang Aviary dan terbukti tanaman tersebut aman, karena memang ada beberapa tanaman beracun yang tentu saja tidak cocok untuk si burung. Dari pada makin penasaran, yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Memilih Tanaman dan Pohon untuk Kandang Aviary

Bagi kamu yang belum tahu apa itu aviary, kamu bisa membaca artikel kami tentang pengertian dan sejarah kadang burung Aviary yang kami ulas beberapa waktu lalu. Jika mkicau lovers tertarik untuk membuat seperti itu, tahap awal kamu bisa menyiapkan tanaman dan pohon yang nantinya akan jadi ekosistem dalam kandang tersebut.

Lalu sebenarnya tanaman yang cocok untuk kandang Aviary? Sebenarnya ini adalah pertanyaan yang susah-susah gampang untuk dijawab. Kenapa bisa demikian? Karena pada dasarnya kita harus menyesuaikan dengan burung apa yang akan kita masukan kedalam kadang aviary. Sebisa mungkin kita harus menyesuaikan tamanan atau pohon yang ada dalam kandang memang sesuai dengan habitat asli si burung.

Misalnya kita akan mengisi kandang aviary dengan burung trucukan, kita bisa riset terlebih dahulu, burung trucukan itu habitat aslinya seperti apa sih? Oh ternyata mereka hidup di habitat terbuka dengan tumbuhan sekunder, kita bisa memasukan tumbuhan seperti itu di aviary kita.

Namun jika hal itu terlalu sulit untuk kamu lakukan? Kami akan merangkum tanaman dan pepohonan yang umumnya disukai oleh banyak orang dan cocok hampir oleh semua burung. Berikut beberapa pohon yang kami maksud:

1. Pohon Murbei

tanaman murbei

Tanaman pertama yang kami rekomendasikan adalah pohon murbei yang kadang juga disebut sebagai pohon bebesaran atau mulberry, yakni sebuah tanaman dari genus Morus yang asalnya dari china dan menyebar ke daerah lain, salah satunya Indonesia. Bisa dibilang ini adalah salah satu pohon yang disukai burung dan cocok ditanam dikandang aviary.

Baca Juga: Ide Rancangan Kandang Aviary Minimalis

Kenapa cocok untuk kandang aviary? Karena burung sangat menyukai buah dari tanaman murbei, tidak hanya buahnya, bahkan beberapa burung, seperti pleci kadang juga memakan daun murbei yang masih muda. Selain sebagai penyejuk kandang, ini juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan alami si burung.

2. Pohon Kersen

pohon kersen

Selanjutnya ada pohon kersen yang kadang juga disebut sebagai talok, ceri, sampai dengan kerukup siam. Kersen adalah sebuah tanaman dari genus Muntingia yang sangat mudah untuk kita jumpai, karena memang tanaman ini salah satu jenis tanaman yang memiliki daya tahan sangat baik. Meskipun tidak kita rawat, kadang tanaman ini bisa hidup dengan sendirinya dengan tinggi 3-6 meter.

Kersen juga termasuk pohon yang sangat disukai oleh burung-burung, khususnya burung pemakan buah-buahan. Burung kutilang dan burung trucuk adalah jenis burung yang sangat suka buah karsen. Namun apa hanya burung ini saja? Tidak, beberapa burung lain seperti prenjak, ciblek, dan burung madu kerap berkunjung ke pohon karsen.

Burung karsen adalah salah satu jenis tanaman yang sangat disukai oleh ulat, karena alasan inilah burung prenjak, ciblek, dan burung pemakan ulat lainnya singgah ke pohon ini. Sedangkan untuk burung madu, biasanya akan mencari nektar yang ada pada tanaman benalu yang hidup di pohon kersen.

3. Tanaman Rambat

tanaman rambat binahong

Selain beberapa pohon yang sudah kami rekomendasikan, mkicau lovers juga harus memasukan tanaman rambat kedalam aviary kalian. Fungsinya apa? Selain untuk pelengkap, tanaman ini juga berfungsi agar suhu udara disekitar aviary menjadi lebih sejuk dan rindang. Namun mkicau lovers sebaiknya memilih tanaman rambat yang tidak terlalu berat dan juga tahan terhadap panas.

Ada beberapa tanaman rambat yang bisa kalian taman seperti binahong, Morning Glory, Kembang Telang, sampai dengan daun dollar. Beberapa tanaman rambat ini sangat tahan terhadap suhu udara panas.

4. Pohon Beringin

pohon beringin

Keempat ada pohon beringin, salah satu pohon yang sering diidentikan dengan hal-hal gaib oleh orang Indonesia, khususnya orang Jawa. Jika tidak ada masalah dengan kepercayaan, kamu bisa menenam pohon beringin dalam kandang aviary kamu, fungsinya sebagai pohon peneduh. Yaps, pohon beringin memang dikenal memiliki dahan yang rapat, dan membuat udara disekitarnya sangat sejuk.

Tidak heran jika di alam liar, beberapa burung seperti burung gereja dan emprit sangat suka tidur atau bahkan membuat sarang dipohon ini. Selain itu, pohon beringin juga memiliki buah yang disukai oleh beberapa burung, salah satunya burung walik raja.

5. Pohon Lohansung

Pohon Lohansung

Jika kamu hendak ingin memelihara burung yang biasanya hidup di dataran tinggi seperti Beo Nias, kamu juga bisa memasukan salah satu pohon yang biasanya ada di dataran tinggi, salah satunya adalah pohon Lohansung. Ini penting agar siburung juga merasakan eksperience yang sama dengan habitat aslinya.

Pohon Lohansung yang kadang juga disebut pohon Melur ini biasanya dijual oleh toko tanaman, sedangkan untuk harganya berkisar di puluhan sampai ratusan ribu. Jika kamu sulit menemukan pohon ini di toko tanaman, kamu bisa membelinya di marketplace.

6. Pohon Talas

pohon talas

Ini adalah tanaman yang biasa hidup di daerah dengan air dan bisa kamu masukan kedalam kandang aviary yang fungsinya sendiri sebagai tanaman penyejuk. Tanaman ini sebenarnya tidak terlalu tinggi, namun memiliki daun yang lebar. Meskipun tidak akan digunakan sebagai pangkringan burung, namun daunnya yang lebar ini akan memberikan tempat untuk berteduh bagi si burung pada saat hujan.

Kamu bisa memilih beberapa spesies tanaman talas yang memiliki daun lebar, dan jangan lupa untuk menempatkannya pada daerah dengan kandungan air cukup, misalkan didekat kolam atau aliran air lainnya.

7. Pohon Palem

pohon palem didekat gedung

Jika aviary yang kamu buat memiliki tinggi yang cukup, kamu juga bisa menanam pohon palem sekedar untuk memperindang aviary. Biasanya burung juga sangat suka nangkring di pohon ini. Selain itu daunnya yang panjang biasanya juga akan di patuki oleh burung, yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat sarang.

8. Pohon Mangga

pohon mangga berbuah

Jika memungkinkan, kamu juga bisa menanam pohon mangga dalam kandang aviary, kekurangannya pohon ini biasanya lumayan tinggi, yang kadang kurang cocok untuk beberapa kandang aviary dengan ukuran kecil. Selain memiliki buah manis yang tentu disukai burung, pohon mangga juga menjadi habitat beberapa ulat dan hewan kecil yang disukai burung.

Bahkan tanaman benalu juga bisa hidup di pohon mangga, sehingga burung kolibri atau bahkan kemlade pasti betah disini. Beberapa burung yang sering membuat sarang di pohon mangga seperti kutilang, cendet, burung perkutut dan prenjak.

9. Pohon Sawo

pohon sawo berbuah

Tanaman yang cocok untuk kandang Aviary yang kesembilan ada pohon sawo, salah satu pohon yang memiliki buah enak jika sudah matang dan memiliki umur yang sangat panjang. Pohon sawo menurut kami sangat cocok jika kita masukan kedalam kandang aviary, hal ini karena daunnya lebat, tingginya bisa kita sesuaikan, dan yang penting buahnya disukai oleh burung.

Kelebihan pohon sawo lainnya sebagai tanaman dalam ekosistem kandang aviary adalah pohon ini sangat kuat, bahkan jika ditanam pada daerah dengan air yang rendah. Ia pasti akan tetap hidup dan berbuah sepanjang tahun.

10. Tanaman Takokak

pohon takokak

Ini adalah tanaman terakhir yang kami rekomendasikan, yakni Takokak yang kadang oleh orang Jawa disebut sebagai Tokak. Tanaman ini cocok untuk membuat semak-semak sebagai salah satu elemen dalam ekosistem kandang aviary, karena memang tumbuhan ini biasa hidup di semak-semak, baik dataran rendah atau dataran tinggi.

Buah dari takokak biasa dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk membuat masakan, dan ternyata buah Takokak juga sangat disukai oleh burung.

Baca Juga: Mitos Seputar Burung Trucukan yang dipercaya Penghobi Burung

Itulah 10 tanaman dan pohon yang sangat cocok untuk kadang Aviary. Selain 10 tanaman diatas, kamu juga bisa menenam tamanan lain dalam kadang aviary seperti aneka Bunga Bunga, pohon Pisang, Pohon Ketapang, jambu air, sampai dengan pohon belimbing.

Write A Comment