mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Berbicara soal isian masteran untuk burung, setiap penghobby burung mungkin saja memiliki suara andalannya sendiri yang dianggap bagus, dan suara burung Rambatan paruh merah nyatanya menjadi salah satu burung dengan karakter suara yang dianggap memenuhi kriteria bagus. Burung dengan warna bulu yang sangat cantik ini di Indonesia sebenarnya memiliki nama asli Munguk Beledu, namun memang nama yang lebih populler adalah Burung Rambatan Paruh Merah.

Dalam kesempatan kali ini mkicau akan membagikan berbagai macam koleksi suara burung rambatan paruh merah mp3 yang bisa kalian download secara gratis, yang bisa kalian gunakan untuk pancingan ataupun isian masteran burung lain. Namun sebelumnya, kita kita mengenal lebih dekat terkait dengan burung yang satu ini.

Sekilas Tentang Burung Rambatan

Velvet Fronted Nuthatch Betina
Velvet Fronted Nuthatch Betina

Burung Rambatan Paruh Merah merupakan burung dari keluarga Sittidae dengan marga Sitta. di Indonesia burung ini dikenal dengan nama Gelatik Munguk dan juga Munguk Beledu. Sedangkan untuk nama ilmiahnya sendiri adalah Sitta frontalis. Burung Rambatan memiliki area persebaran yang sangat luas dimulai dari Cina Selatan, Filipina, Asia Tenggara, India, Sunda Besar, Semenanjung Malaysia, dan juga Indonesia.

Lihat Juga: Masteran Cucak Cungkok Suara Jernih MP3

Khusus di Indonesia, burung ini bisa kita temukan di pulau Jawa, Sumatra, dan juga Kalimantan. Burung Rambatan biasa hidup di perkebunan, hutan pinus, hutan dataran rendah, dan juga hutan rawa dengan ketinggian sekitar 1.500 mdpl. Untuk makanannya sendiri adalah laba-laba dan juga berbagai macam serangga.

Jenis Burung Rambatan yang Jadi Favorit Masteran

Sebenarnya burung rambatan atau Munguk Beledu memiliki 5 subspesies. 5 Subspesies yang kami maksud adalah Sitta frontalis vellata yang bisa kita temukan di pulau Jawa. Sitta frontalis saturatior yang ada di pulau Bangka, Sumatera, kepulauan lingga, dan Semenajung Malaysia. Subspesies ketiga ada Sitta frontalis palawana dari Filipina. Sitta frontalis corallipes yang ada di Kalimantan, dan terakhir adalah Sitta frontallis frontallis.

Sedangkan jenis yang masuk kedalam burung rambatan sendiri hanya ada dua jenis, yakni Rambatan paruh merah dan juga munguk loreng. Dan yang menjadi favorit kicau mania sebagai masteran adalah Rambatan Paruh Merah yang selama ini dikenal memiliki suara khas berupa crecetan, yang kebetulan suara burung rambatan mp3 nya akan kami bagikan dibawah.

Munguk Loreng dan Munguk Beledu sendiri sangat mudah untuk kita bedakan. Burung Rambatan Paruh memiliki paruh dengan warna merah, dahi dekat paruh berwarna hitam, dan kepala bagian belakang sampai punggung dan ekor berwarna ungu. Sedangkan untuk Munguk beledu bagian kepalanya saja semuanya hitam. Begitu juga dengan Rambatan Paruh Merah jantan dan betina. Burung jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah, sedangkan betinanya agak kusam.

Masih ingat dengan karakter burung ciblek yang kemarin kita bahas? Berbeda dengan burung ciblek yang karakternya memang pemalu, Burung Rambatan Paruh merah adalah burung yang akan mencari makanan berpasangan atau dalam kelompok kecil, namun cukup berani untuk berkicau. Selain itu, Rambatan Paruh Merah juga dikenal sebagai burung yang sangat agresif, ia biasanya bergerak dengan sangat cepat ketika mencari makanan.

Pernah melihat burung pelatuk yang seolah memanjat pepohonan? Burung Rambat Paruh Merah juga memiliki pola gerakan yang tidak jauh berbeda, itu sebabnya banyak orang mengatakan burung ini sebagai rambatan, karena memang ketika bergerak, mereka seolah sedang merambat.

Lihat Juga: Masteran Suara Burung Manyar Gacor Dorrr MP3

Yang lebih unik, jika burung pelatuk biasanya merambat dengan kepala diatas layaknya berjalan, burung munguk beleduk justru sebaliknya, ia lebih sering terlihat menggantung dipepohonan dengan menggunakan kakinya sebagai tumpuan.

Download Masteran Suara Burung Rambatan

Ada yang tahu kenapa banyak kicau mania yang suka dengan karakter suara burung rambatan? Hal ini karena burung rambatan memiliki suara crecetan yang tajam, dan agak mbeset-mbeset. Karakter inilah yang kemudian banyak dimanfaatkan orang untuk memaster burung kicau lain seperti Murai Batu, Cendet, Lovebird, Anis Merah, dan burung pengicau lainnya. Mkicau Lovers penasaran sebenarnya seperti apa suara burung rambatan betina mp3 dan jantannya? Kami bisa melihatnya dibawah ini.

1 Rambatan Gacor Durasi Panjang MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 33 menit 41 detik dengan ukuran 43 MB.

2 Rambatan Paruh Merah Masteran MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 48 menit 15 detik dengan ukuran 28 MB.

3 Tembakan Khas Rambatan Paruh Merah MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 3 menit 13 detik dengan ukuran 4 MB.

4 Munguk Beledu Gacor Door MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 4 menit 16 detik dengan ukuran 6 MB.

5 Rambatan Paruh Merah Ngerol Nembak MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 10 menit 36 detik dengan ukuran 13 MB.

Itulah berbagai macam koleksi suara burung rambatan gacor mp3 yang kami miliki. Silahkan download beberapa mp3 yang menurut kamu karakter suara dan kualitasnya bagus. Jika ingin mendownload materi masteran lainnya, kamu bisa mencarinya di website mkicau.com

Write A Comment