mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Jika kemarin kita mengajak kamu untuk membahas kicauan burung Decu, dalam kesempatan kali ini kami akan mengajak mkicau lovers sekalian untuk membahas lebih jauh tentang suara burung emprit, burung dengan ukuran kecil yang sebenarnya sangat jarang dipelihara sebagai burung kicauan, namun memiliki tingkat kecerdasan yang mumpuni.

Tidak percaya? Coba mkicau lovers pergi ke youtube dan ketik burung emprit full isian, maka kamu akan menemukan burung emprit yang mampu menirukan berbagai suara burung, salah satunya burung kenari. Jika malas membuka youtube, kamu juga bisa mengecek pada audio dibawah, karena kami juga akan membagikan audio burung satu ini.

Ingin download suara burung emprit sawah mp3 atau emprit kaji? Sebelumnya, yuk kita cari tahu silsilah burung emprit yang kadang juga disebut sebagai pipt.

Sekilas Tentang Burung Emprit

Burung Emprit adalah burung dari keluarga Estrildidae yang di Indonesia sebenarnya memiliki nama asli pipit. Ukuran tubuh burung emprit sebenarnya kecil, dan dia termasuk burung yang hidupnya berkoloni untuk mencari makan, bahkan kadang membuat sarang bersama-sama.

Baca Juga: Download Suara Burung Kolibri Gacor MP3

Ini adalah burung yang sebagian besar hidup di wilayah tropis, hal ini karena pada dasarnya burung emprit adalah burung yang tidak begitu tahan dengan cuaca dingin. Meskipun demikian, ada beberapa jenis burung emprit yang bisa hidup di wilayah dengan cuaca dingin, salah satunya burung emprit yang hidup di wilayah Australia bagian selatan.

Burung Emprit yang Populer di Indonesia

Bagi para petani, burung emprit adalah hama yang akan memakan bulir-bulir padi di sawah, tak heran dibeberapa daerah ada yang bermaksud untuk memusnahkan burung yang satu ini. Namun tidak dengan beberapa kicau mania, meskipun burung populer untuk kicauan, namun banyak juga yang berminat untuk memliharanya. Dan berikut beberapa jenis burung Empit yang paling populer di Indonesia.

Bondol Haji

emprit haji
emprit haji

Jenis burung emprit pertama yang cukup banyak dicari banyak orang adalah emprit haji yang kadang juga disebut sebagai emprit kaji. Burung ini memiliki nama ilmiah Lonchura Maja, salah satu jenis burung pipit yang memiliki kicauan bernada tinggi dengan suara nyaring dan berbunyi puuip. Jika kita lihat sekilas, burung Emprit haji ini memiliki tampilan mirip dengan bondol oto hitam.

Namun jika perhatikan lebih teliti, ada beberapa perbedaan terkait warna bulu antara bondol haji dan bondol oto hitam. Yakni warna bulu tubuhnya didominasi oleh coklat agak pucat, sedangkan bagian kepalanya berwarna putih. Ini jugalah yang mendasari kenapa burung satu ini dinamakan emprit kaji, karena mirip dengan pak haji yang biasanya memakai peci berwarna putih. Jika kamu ingin download suara burung emprit kaji asli, kamu bisa mendownloadnya dibawah.

Bondol Jawa

Bondol Jawa
Estrildid finches

Selanjutnya ada Bondol Jawa, orang Jawa pada umumnya mungkin lebih sering melihat burung emprit yang satu ini dibandingkan dengan emprit kaji, karena memang persebaran burung ini ada di pulau Jawa, Bali, Sumatra, Lombok, sampai dengan Singapura. Kicauan dari Bondol Jawa atau Emprit Bondol sebenarnya sangat merdu dengan nada rendah, namun ketika sedang berkumpul emprit ini bisa sangat membisingkan. Tidak hanya untuk emprit dewasa saja, namun juga emprit anakan. Orang juga biasa menyebutnya sebagai emprit padi, kamu bisa mengunduh suara burung emprit padi dibawah.

Bondol Peking

Emprit Peking
Scaly breasted munia

Selanjutnya ada emprit peking yang memiliki nama ilmiah Lonchura Punctulata, Punctulata disini memiliki arti bintik-bintik, hal ini merujuk pada bulu yang ada pada bagian dadanya yang memang terdapat bintik-bintik hitam dan putih. Dialam liar burung Bondol Peking biasa hidup bercampur dengan Bondol Jawa untuk mencari makan dan bermain secara berkelompok.

Bondol peking sendiri juga memiliki kicauan yang cukup unik, yakni panggilannya ckii ckii atau kiii, song berupa Kidi, dan ketika ada bahaya, bondol Peking akan berkicau dengan tret tret tret.

Bondol Perut Putih

Bondol Perut Putih
Bondol Perut Putih

Yang keempat ada Bondol Perut Putih, yang warna bulunya sebenarnya mirip dengan Bondol Jawa, namun Bondol Perut Putih warna coklatnya agak gelap, ada bercak putih pada bagian sayap, dan warna putih pada bagian dada tidak terlalu besar seperti halnya Bondol Jawa. Bondol Perut Putih biasanya hidup di hutan terbuka, perkebunan, ladang pertanian, sampai dengan padang rumput. Untuk suaranya sendiri sebenarnya Bondol Perut Putih memiliki kicauan panggilan dengan nada tinggi berupa tsick.

Emprit Jepang

Emprit Jepang
Emprit Jepang

Terakhir kami memasukan emprit Jepang sebagai salah satu jenis burung emprit populer di Indonesia, bahkan harga burung emprit yang satu ini cukup menggiurkan, di marketplace Tokopedia, burung emprit jepang dijual dengan harga 200 ribu sampai dengan 600 ribu. Dibandingkan dengan beberapa jenis burung Emprit yang sudah kita bahas, burung Emprit Jepang sebenarnya memiliki warna bulu yang lebih menarik yakni warna-warni putih, hitam, dan oren. Di Indonesia, sekarang ini sudah mulai banyak yang menangkarkan burung dengan nama ilmiah Society Finch ini.

Cara Memaster Burung Emprit dengan Suara Lainnya

Sebenarnya kamu tidak harus memaster burung Emprit dengan suara burung emprit jepang gacor atau suara burung emprit liar. Agar lebih menarik, kamu bisa memaster burung Emprit dengan kicauan burung lainnya, salah satu kicauan yang sudah terbukti cocok untuk burung emprit adalah suara burung kenari. Tidak percaya? Kamu bisa melihat salah satu video Youtube yang ada dibawah ini.

Ini adalah konten yang diunggah oleh Iwan DV, yang memperlihatkan burung Emprit Bondol Jawanya bisa menirukan suara burung kenari dengan sangat fasih. Selama ini memang tidak banyak yang tahu bahwa pada dasarnya burung Finch terkenal bisa menirukan suara burung lain, dan emprit Bondol Jawa atau Emprit Kaji sendiri sebenarnya termasuk kedalam kategori burung Finch. Melihat hal ini, sebenarnya burung emprit sangat memungkinkan untuk kita master atau kita isi dengan suara burung lainnya.

Namun hal ini memang tidak mudah, dalam banyak percobaan, kadang beberapa kicau mania tidak berhasil memaster burung emprit yang mereka miliki dengan suara kicauan burung lainnya. Jika kamu tertarik untuk memaster burung emprit yang kamu pelihara, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan proses pemasterannya.

  • Pilihlah burung emprit yang masih anakan, dan proses pemasteran dilakukan sejak kecil. Untuk proses pemasteran sendiri bisa diputarkan mp3 burung isian yang ingin kalian isi atau menggunakan burung yang sudah gacor dengan cara didekatkan saja.
  • Berikan makanan yang bagus untuk burung Emprit Anda, meskipun di alam liar burung Emprit bisa memakan beras, sebaiknya kita memberikan makanan yang lebih baik untuk memastikan kebutuhan nustrisinya.
  • Sesekali kamu juga bisa memberikan makanan tambahan berupa buah-buahan atau sayuran untuk memastikan burung Emprit mendapatkan nustrisi yang cukup.
  • Sukses atau tidaknya kita dalam memaster burung emprit sebenarnya sangat tergantung dengan tingkat kecerdasaan burung emprit yang kita pelihara. Jika kita sedang beruntung, dalam artian kita kebetulan mendapatkan burung emprit yang cerdas, tingkat keberhasilan untuk memaster burung emprit pasti akan jauh lebih besar.

Baca Juga: Download Suara Burung Gereja Gacor MP3

Download Suara Burung Emprit untuk Masteran

Sudah siap untuk mengunduh berbagai koleksi suara burung emprit kaji betina mp3, emprit jawa, atau jenis emprit lainnya? Silahkan cek dibawah ini.

1 Burung Emprit Gacor Durasi Panjang MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini adalah 30 menit 3 detik dengan ukuran 29 MB.

2 Burung Emprit Peking Gacor Full Isian MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini adalah 10 menit 34 detik dengan ukuran 10 MB.

3 Emprit Kaji Gacor Isian Kenari MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini adalah 8 menit 43 detik dengan ukuran 6 MB.

4 Emprit Peking Isian Kenari MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 4 menit 24 detik dengan ukuran 4 MB.

5 Emprit Ribut untu Pikatan MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini adalah 30 menit 33 detik dengan ukuran 34 MB.

6 Emprit Kaji Rasa Kenari MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 2 menit 52 detik dengan ukuran 2 MB.

7 Emprit Peking Isian Perkutut MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini adalah 3 menit 28 detik dengan ukuran 3 MB.

8 Kicauan Emprit Kaji Original MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 13 menit 22 detik dengan ukuran 12 MB.

9 Kicauan Emprit Jepang Original MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 6 menit 6 detik dengan ukuran 4 MB.

Sampai pada akhir pembahasan, dan semoga mp3 burung emprit yang kami hadirkan bermanfaat dan bisa membuat burung kalian lebih gacor lagi. Oh ya, dalam artikel ini kami juga bisa download suara burung emprit ribut mp3, jika kalian hendak memikat burung ini di alam liar. Namun saran kami jangan ambil terlalu banyak ya, biar ekositemnya di alam tetap terjaga.

Write A Comment