mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Berbicara soal burung ciblek sebagai masteran, kebanyakan penghobby burung pasti lebih suka dengan suara burung Ciblek Gunung mp3 dibandingkan dengan jenis ciblek lain, misalnya ciblek sawah. Hal ini karena ciblek gunung yang juga sering disebut cigun memiliki karakter suara yang sangat menarik, yakni ngerol dan nembak dengan volume yang keras. Kita sering menyebutnya sebagai ngebren.

Tidak hanya dijadikan sebagai materi isian burung lain, burung dengan nama ilmiah Prinia Atrogularis ini juga sering dimanfaatkan sebagai burung pengicau, bahkan sudah banyak lomba yang secara khusus menampilkan Ciblek Gunung. Jika tertarik, Mkicau Lovers bisa download suara burung ciblek gunung gacor mp3 di halaman ini, namun sebelum ke mp3, kami akan mengajak kamu untuk mengenal lebih dekat dengan burung satu ini.

Sekilas Tentang Ciblek Gunung

ciblek gunung
ciblek gunung

Ciblek Gunung merupakan burung dari famili Cisticolidae dan genus Prinia dengan nama ilmiah Prinia superciliaris yang biasanya hidup di daerah pegunungan atau perbukitan. Di Indonesia burung ini sebenarnya memiliki nama asli Prenjak Gunung, namun kebanyakan kicau mania lebih suka menyebutnya dengan Ciblek Gunung. Sedangkan dalam bahasa inggris, burung ini dikenal dengan nama Hill Prinia.

Lihat Juga: Suara Burung Cucak Cungkok Gacor Full Isian MP3

Secara global, burung Ciblek Gunung memiliki 7 subspesies yang bisa kita temukan diberbagai tempat dimulai dari Indonesia, Semenanjung Malaysia, sampai dengan Asia Tenggara. Sebenarnya Ciblek Gunung bisa hidup di dataran rendah ataupun dataran tinggi, hal ini bisa kita lihat dari habitat aslinya dimana diwilayah Aceh, Cigun lebih banyak hidup di dataran rendah, sedangkan di daerah Sumatra, Cigun lebih banyak hidup di daerah ketinggian dimulai dari 600 sampai 2.500 mdpl.

Berbeda dengan burung pleci yang hidup secara berkoloni, Ciblek Gunung termasuk burung soliter yang lebih banyak menghabiskan waktu dan mencari makan sendirian, atau maksimal hanya bersama pasangannya.

Untuk kamu yang sudah pernah memelihara Cigun tentu sudah tahu bahwa ini adalah burung yang pemalu, umumnya mereka lebih banyak mencari makanan di semak-semak atau tumbuhan yang tidak terlalu tinggi secara diam-diam. Meskipun Ciblek Gunung adalah burung yang pemalu, namun terkadang ia juga tidak enggan untuk berkicau dengan lantang di area mereka mencari makan.

Tips Merawat Ciblek Gunung agar Gacor dan Ngebren

Jika niat kamu untuk download suara burung ciblek gunung gacor mp3 sebagai pancingan agar cigun yang kamu pelihara lebih gacor, maka selain rutin mendengarkan mp3 pancingan, agar hasilnya lebih maksimal sebaiknya kamu juga melakukan pola perawatan yang tepat. Dan berikut beberapa tips merawat Cigun agar cepat gacor dan ngebren.

Rawat dari Anakan

Hampir sebagian besar burung kicau sebenarnya akan jauh lebih bagus jika kita merawatnya sejak kecil dibandingkan dengan mewarat burung yang sudah dewasa. Kenapa bisa demikian? Memelihara burung sejak anakan sebenarnya jauh lebih mudah untuk membentuk si burung, baik dari segi mentalnya ataupun materi isian yang akan kita masterkan.

Selain itu, merawat Cigun yang masih anakan sebenarnya juga tidak terlalu sulit-sulit banget, kita cukup memberikannya pakan yang teratur dan juga mendengarkan materi isian yang hendak kita berikan pada cigun. Sedangkan terkait dengan makanan, kita bisa memberikan voer, jangkrik, ataupun kroto secara bergantian pada ciblek gunung.

Proses Penjinakan

Setelah cigun agak dewasa, kita bisa mulai menjinakannya jika ciblek gunung yang kita pelihara terlihat masih terlalu giras. Beberapa kicau mania menyebut hal ini sebagai cetrekan atau jinak tangan. Kenapa kita harus repot-repot meninakan burung Ciblek Gunung yang dipelihara sejak kecil? Kembali pada sifat alami burung yang satu ini, pada dasarnya ini adalah burung yang pemalu.

Nah banyak kicau mania yang percaya jika ciblek jinak memiliki mental yang jauh lebih baik dibandingkan dengan ciblek yang agak giras. Lalu bagaimana cara menjinakan burung ciblek gunung? Kita bisa melatihnya dengan memberikan makanan melalui tangan. Makanan yang bisa kamu berikan seperti jangkrik atau ulat.

Makanan

Setelah ciblek gunung sudah agak dewasa dan mulai belajar berkicau, hal penting selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah pemberian pakan. Jangan hanya memberikan cigun dengan makanan voer, ini sangat kurang mengingat cigun adalah burung yang sangat aktif, sebaiknya kita juga memberikan pakan lain yang kaya akn nutrisi seperti jangkrik, kroto, ulat kandang, atau extra fooding hewani lainnya.

Embunkan Cigun

Pada pagi hari jika cuacanya sedang bagus, dalam artian tidak hujan, kita bisa memberikan terapi embun pada ciblek gunung agar lebih rajin untuk berkicau. Ini adalah salah satu terapi yang sangat baik untu menstimulus cigun lebih gacor dan rajin berkicau.

Mandi dan Jemur

Ketika matahari sudah menampakan diri, jangan langsung menjemurnya. Kita bisa memandikannya terlebih dahulu dengan cara menyeprot. Setelah agak basah, kita bisa memberikannya jangkrik agar tubuh agak hangat, dan juga menjemurnya dengan durasi yang ideal, sesuai kemampuan burung.

Memaster Burung

Sebelum lanjut ke tahap yang selanjutnya, kamu bisa download suara burung ciblek gunung ngebren mp3 yang kami miliki dibawah yang nantinya bisa kita gunakan sebagai media masteran. Kamu bisa memaster cigun pada siang hari, yakni pada saat cigun sedang beristirahat, waktu inilah cigun akan jauh lebih fokus untuk mendengarkan suara sehingga proses mastering akan jauh lebih efektif. Selain mendengarkan si burung dengan suara aslinya, kita juga bisa memaster cigun dengan suara-suara burung lain, sesuai dengan keinginan dan preferensi kita sendiri.

Krodong Pada Malam Hari

Setelah Sore hari, kita bisa mengkrodong burung ciblek gunung kita dan memberiarkan istirahat hingga pagi. Pada saat malam hari kita juga bisa mendengarkan masteran suara burung ciblek mp3 durasi panjang dengan volume pelan agar cigun lebih cepat menirukan materi-materi yang kita isikan. Dan esok paginya kita bisa mengulangi kembali proses dari awal hingga akhir yang kami bagikan ini.

Lihat Juga: Suara Burung Anis Merah Gacor Full Isian MP3

Download Suara Burung  Ciblek Gacor

Jika kamu sudah tidak sabar untuk mengunduh mp3 masteran cigun, berikut beberapa suara burung ciblek gacor mp3 download yang bisa kalian dapatkan secara gratis.

1 Ciblek Gunung Isian Cililin Durasi Panjang MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 33 menit 18 detik dengan ukuran 32 MB.

2 Ciblek Gunung Ngebren Masteran MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 10 menit 11 detik dengan ukuran 18 MB.

3 Ciblek Gunung Gacor Ngebren MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 4 menit 5 detik dengan ukuran 4 MB.

4 Pancingan Cimblek Gunung Gacor MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 6 menit 6 detik dengan ukuran 5 MB.

5 Ciblek Gunung Ngebren Santai MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 5 menit 28 detik dengan ukuran 8 MB.

6 Ciblek Gunung Ngebren Suara Bervariasi MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 3 menit 32 detik dengan ukuran 3 MB.

7 Suara Asli Ciblek Gunung MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 9 menit 27 detik dengan ukuran 17 MB.

8 Ciblek Muda Belajar Nembak MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 4 menit 4 detik dengan ukuran 5 MB.

9 Ciblek Gunung Narung Gacor MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 10 menit 31 detik dengan ukuran 10 MB.

10 Ciblek Kristal Full Nembak MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 10 menit 11 detik dengan ukuran 13 MB.

Itulah beberapa suara burung Ciblek Gunung yang kami miliki yang bisa kalian gunakan sebagai pancingan, materi isian, atau apapun yang kalian inginkan. Jika membutuhkan mp3 burung lainnya, kamu bisa melihat koleksi yang kami miliki di kategori masteran burung MP3 atau baca artikel menarik lainnya dihalaman depan mkicau.com

Write A Comment