mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Berbicara soal burung Cendrawasih, beberapa orang mungkin akan lebih tertarik untuk mendengarkan suara burung Cendrawasih dalam format mp3, beberapa diantaranya mungkin akan lebih tertarik untuk melihat videonya. Faktanya Cendrawasih memang masuk kedalam kategori burung berkicau, namun tidak hanya suara kicauannya saja, daya tarik lain yang ada pada burung ini juga terdapat pada warna bulu dan juga tingkah lakunya.

Kamu ingin download suara burung Cendrawasih? Tidak hanya suara dalam format MP3 saja, dalam kesempatan kali ini kami juga akan mengajak kamu untuk mengenal jenis-jenisnya agar informasi yang kita miliki soal burung primadona khas Papua menjadi semakin luas.

Sekilas Tentang Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih adalah burung dari keluarga Paradisaeidae dengan ordo Passeriformes yang bisa kita temukan di beberapa negara seperti Papua, Papua Nugini, dan juga Australia. Berbeda dengan burung lain yang biasanya hanya dibagi dalam satu marga atau genus, burung cendrawasih dibagi kedalam 14 marga. Diantara sekian banyak jenis burung Cendrawasih, jenis Cendrawasih yang paling dikenal banyak orang adalah Paradisaea apoda dan juga Cendrawasih Kuning Besar.

Lihat Juga: Suara Burung Beo Ngoceh MP3 Free Download

Lalu bagaimana dengan ukuran tubuhnya? uniknya, tidak semua burung cendrawasih memiliki ukuran tubuh yang sama, ini tergantung dari jenis Cendrawasih itu sendiri. Misalnya untuk jenis King bird of paradise yang ukurannya hanya 15 CM saja, sedangkan untuk jenis Black Sicklebill jutsru memiliki ukuran yang lebih besar, yakni mencapai 110 CM.

Jenis Jenis Burung Cendrawasih Khas Indonesia

Sejak kami fokus mengelola website mkicau.com ini, ada banyak pembaca yang requets terkait kicauan burung cenderawasih dengan jenis-jenis yang berbeda-beda. Min suara burung cendrawasih raja mp3 dong, pembaca satunya lagi min suara burung cendrawasih panji dong. Faktanya jenis burung cendrawasih memang ada banyak, sekitar 42 jenis, dan sebanyak 30 jenis adalah cendrawasih endemik yang bisa ditemui di Indonesia.

Diantara 30 jenis tersebut, berikut beberapa jenis burung cendrawasih paling terkenal dan sangat identik dengan Indonesia.

Cendrawasih Raja

Cendrawasih Raja
Cendrawasih Raja

Inilah salah satu jenis burung cendrawasih yang cukup banyak diminta mp3 kicauannya oleh para kicaua mania. Cendrawasih Raja dengan nama ilmiah Cicinnurus Regius dari keluarga Paradisaeidae dengan marga Cicinnurus. Cendrawasih Raja termasuk burung yang memiliki warna bul berbeda antara jantan dan betina. Burung ini hidup di tanah Papua, dan biasanya mencari buah untuk dimakan.

Cendrawasih Panji

Cendrawasih Panji
Cendrawasih Panji

Ini juga termasuk jenis Cendrawasih yang cukup banyak dicari mp3 nya oleh kicaua mania Indonesia. Cendrawasih Panji merupakan burung dari keluarga Paradisaeidae dengan marga Pteridophora. Dibandingkan dengan Cendrawasih Raja, ukuran Cendrawasih Panji lebih kecil, yakni sekitar 22 CM saja. Yang menarik dari Cendrawasih satu ini adalah bagian kepala terdapat dua helai bulu yang panjangnya mencapai 40 CM. Di alam liar, burung Cenrawasih Panji bisa kita temukan di daerah hutan dan pegunungan Pulau Irian, sedangkan makanannya adalah serangga dan buah-buahan.

Cendrawasih Merah

Cendrawasih Merah
Cendrawasih Merah

Termasuk kedalam burung Cendrawasih Pengicau, Cendrawasih Merah merupakan burung dengan nama ilmiah Paradisaea Rubra dari keluarga Paradisaeidae dengan marga Paradisaea. Dinamakan burung Cendrawasih Merah karena warna bulu paling dominan yang ada burung ini adalah merah. Dialam liar, ini adalah burung yang berkoloni dimana ia hidup berkelompok untuk bermain dan mencari makan. Burung Cendrawasih Merah juga termasuk burung yang berpoligami, dimana pada awalnya Cendrawasih Jantan akan menarik perhatian betina dengan tariannya, lalu burung betina akan bertelur, mengerami, dan mengasuh anaknya sendirian.

Cendrawasih Botak

Cendrawasih Botak
Cendrawasih Botak

Tidak jauh berbeda dengan Cendrawasih Merah, Cendrawasih Botak juga termasuk burung pengicau yang berasal dari keluarga Paradisaeidae dengan marga Cicinnurus. Burung ini memiliki nama ilmiah Cicinnurus Respublica yang termasuk burung Endemik Indonesia dimana Cendrawasih Botak hanya bisa kita temukan di Raja Ampat, tepatnya di Batanta dan juga Weigo.

Cendrawasih Parotia Arfak

Cendrawasih Parotia Arfak
Cendrawasih Parotia Arfak

Selanjutnya ada Cendrawasih Parotia Arfak, burung Endemik Indonesia yang hanya bisa kita temukan di hutan sekitaran Pegunungan Vogelkop dan Semenanjung Wandammen Papua Barat. Burung ini memiliki tingkah yang sangat lucu dimana pada musim kawin, burung berkelamin jantan akan mempersembahkan sebuah tarian kepada betina mirip dengan tarian Baleria.

Cendrawasih Astrapia Arfak

Cendrawasih Astrapia Arfak
Cendrawasih Astrapia Arfak

Tidak jauh berbeda dengan Cendrawasih Parotia Arfak, Cendrawasih Astrapia Arfak juga termasuk burung Endemik Indonesia yang hanya bisa kita temukan di Pegunungan Arfak, Papua Barat. Sedangkan untuk namanya sendiri diambil dari perpaduan dua bahaya yakni Astrapia dari Yunani yang memiliki arti Penerangan, sedangkan Nigra berasal dari bahasa latin yang artinya hitam.

Cendrawasih aradigalla Ekor Panjang

Masih ada tiga jenis burung Cendrawasih yang akan kita bahas, dan selanjutnya adalah Cendrawasih aradigalla Ekor Panjang dari keluarga Paradisaeidae, dinamakan ekor panjang karena memang jenis ini memiliki ekor yang lumayan panjang. Perlu mkicau lovers ketahui bahwa ini adalah jenis dengan tampilan paling sederhana dalam keluarga ini, satu-satunya hiasan yang menarik adalah pada bagian wajahnya yang berwarna-warni yakni kuning, merah, dan biru langit.

Cendrawasih Bidadari Halmahera

Memiliki ukuran sedang, panjang Cendrawasih Bidadari Halmahera sendiri hanya 28 CM saja. Burung jantan memiliki tarian udara yang sangat indah untuk memikat Cendrawasih betina, dan sifatnya juga mirip dengan Cendrawasih Merah dimana pada jenis kelamin jantan termasuk burung yang berpoligami.

Cendrawasih Gagak

Dan inilah jenis burung Cendrawasih terakhir yang kami informasikan kepada mkicau lovers sekalian, yakni ada Cendrawasih Gagak. Dinamakan Cendrawasih Gagak karena memang sepintas mirip dengan burung gagak yang berawarna hitam, dan memiliki ukuran sedang yang hanya 34 CM saja. Berbeda dengan Cendrawasih Bidadari Halmahera dan Cendrawasih Merah, Cendrawasih Gagak adalah burung monogami. Burung berkelamin jantan dan betina memiliki tampilan yang agak mirip, namun ukuran betina sedikit lebih besar.

Lihat Juga: Suara Burung Cucak Rowo Gacor Ropel Panjang MP3

Download Suara Burung Cendrawasih

Dan seperti yang sudah kami janjikan, tiba saatnya untuk kami membagikan koleksi suara burung cendrawasih gacor mp3 yang bisa kalian download secara gratis, selengkanya silahkan cek dibawah ya.

1 Panggilan dan NYanyian Cendrawasih Raja MP3

Download

Ringkasan: ukuran dari mp3 ini adalah 1 menit 54 detik dengan ukuran 2 MB.

2 Cendrawasih Panji Nembak Gacor MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini 1 menit 4 detik dengan ukuran 2 MB.

3 Nada Panggilan Cendrawasih Merah MP3

Download

Ringkasan: durasi mp3 ini adalah 2 menit 3 detik dengan ukuran 3 MB.

4 Kicauan Cendrawasih Botak MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 1 menit 9 detik dengan ukuran 1 MB.

5 Kicauan Burung Cendrawasih Gagak MP3

Download

Ringkasan: durasi dari mp3 ini 2 menit 6 detik dengan ukuran 3 MB.

Itulah berbagai macam suara burung cendrawasih papua mp3 yang kami miliki, jika kalian tertarik untuk menggunakan burung ini sebagai materi isian, kamu bisa download suara burung cendrawasih durasi panjang saja agar lebih simple. Ohya, jangan lupa, untuk masalah materi isian mp3 masteran burung, mkicau.com adalah tempatnya mp3 berkualitas dengan kualitas suara yang jernih.

Write A Comment