Sahabat mkicau harus tahu bahwa di dunia ada burung yang bisa terbang di udara dengan durasi waktu sangat mencengangkan. Namanya adalah Burung Common Swift yang juga memiliki nama lain Kapanis Apus-Apus. Disebutkan dalam sebuah jurnal penelitian, burung ini mampu terbang selama 10 bulan, tanpa pernah menginjakan kakinya di bumi.

Baca Juga: Keistimewaan Burung Kolibri dibandingkan Burung Lain

Kebayang gak, 10 bulan terbang terus tanpa mengijakan kakinya di bumi. Kira-kira bagaimana cara burung ini makan ya? Atau pas terbang selama 10 bulan mereka gak makan sama sekali? Dari pada menduga-duga, yuk kita cari tahu kebenarannya.

Adalah Lund University Swedia yang melakukan penelitian dengan meletakan sebuah alat berupa sensor kecil pada punggung burung Common Swift yang digunakan untuk memantau pergerakan burung ini selama dua tahun lamanya. Setelah satu tahun berlalu, akhirnya para peneliti mendapatkan hasil yang cukup mind blowing,  burung Common Swift atau Kapinis Apus Apus bisa terbang selama 10 bulan.

Hasil penelitian ini sempat di terbitkan di Jurnal Current Biology, disana disebutkan bahwa ini adalah salah satu penemuan yang mampu menambah wawasan kita soal burung, dimana 10 bulan adalah waktu terbang paling lama yang dilakukan oleh burung.

Sebelum penelitian ini dilakukan, diketahui bahwa burung kapinis dari jenis lain, yakni Tachymarptis Melba bisa terbang selama 6 bulan. Dan tentu saja, penemuan baru ini membuat burung Common Swift berhasil memecahkan rekor sekaligus menjadi burung yang mampu terbang dengan waktu sangat lama, yakni selama 10 bulan.

Selain kemampuannya yang bisa terbang selama 10 bulan, ada fakta lain yang ditemukan dari penelitian selama 1 tahun ini. Setelah melakukan perjalanan panjang selama 10 bulan, burung Common Swift akan kembali ke daratan untuk istirahat dan juga menikmati musim kawin. Baru kemudian mereka akan kembali ke udara untuk melakukan perjalanan.

Hasil dari penelitian ini mungkin akan membuat sahabat mkicau bertanya-tanya. Apakah burung Common Swift bisa tidak tidur selama 10 bulan? Mengingat ia mampu terbang dengan durasi selama itu, sedangkan selama ini kita mengenal bahwa burung lain juga akan beristirahat ketika malam hari.

Para peneliti sempat membahas ini. Dalam jurnal yang mereka publikasikan, mereka mengatakan bahwa pada waktu-katu tertentu, seperti fajar dan senja, burung Common Swift akan terbang lebih tinggi, sekitar 2 sampai 3 kilometer.

Baca Juga: Perawatan Harian Burung Murai Gacor Calon Juara

Para peneliti memberikan asumsi bahwa ada kemungkinan burung Common Swift tidur pada saat turun dari ketinggian yang sebeumnya mereka lakukan, namun hal ini masih belum bisa dibuktikan, dan peneliti juga tidak terlalu yakin, karena memang alat yang dipasang hanya untuk melacak pergerakannya saja.

Write A Comment