Bertindak selayaknya satpam yang menjaga rumah, burung jalak suren memang menjadi salah satu burung yang akan berkicau dengan sangat gacor dan keras pada saat ada orang bertamu kerumah. Namun untuk sampai pada tahap ini, burung jalak suren tentu saja harus mendapatkan treatment khusus, salah satunya terkait makanan yang menjadi favoritnya.

Kamu ingin memelihara burung jalak suren? Ingin tahu apa saja makanan jalak suren yang mampu membuat ia lebih rajin dalam berkicau? Untuk mengetahui hal ini, silahkan simak artikel kami dibawah ini. Namun sebelum membahas makanan jalak suren agar cepat gacor, kami akan mengajak kamu untuk mengetahui pola perawatan burung dengan nama ilmiah sturnus contra ini.

Pola Perawatan Jalak Suren Gacor

Sebaik apapun makanan yang kamu berikan, hasilnya pasti akan menjadi kurang maksimal jika pola perawatan yang kamu terapkan salah. Jadi selain memperhatikan asupan makanan yang kamu berikan, ada baiknya kamu juga memperhatikan pola perawatannya, seperti beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan Burung Nyaman: hal pertama yang penting untuk kita perhatikan, terutama pada saat awal-awal membeli burung jalak suren adalah memberikan kesempatan pada burung untuk adaptasi dengan tempat barunya. Pada saat awal-awal ini, jangan memberikan treatment yang terlalu banyak terlebih dahulu, cukup kasih makan yang cukup dan tempatkan burung pada area yang bisa membuat mereka nyaman.
  • Pemberian Pakan yang Cukup: pastikan makanan yang kamu berikan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh burung. Kamu bisa memberikan pakan berupa voer, buah-buahan, sampai dengan Extra Fooding.
  • Mandikan Burung: untuk burung jalak suren, kamu bisa memandikannya sebanyak dua kali sehari jika cuaca sedang dalam kondisi yang cerah. Waktu terbaik untuk memandikan burung jalak suren adalah pada saat pagi hari dan sore hari.
  • Penjemuran: Sedangkan untuk penjemuran kamu bisa melakukan dengan durasi yang pas sesuai kondisi burung, terlebih setelah mandi, kita wajib untuk menjemur dan mengangin-anginkan burung agar tidak kedinginan.
  • Pemasteran: dan tips terakhir dalam pola perawatan burung jalak suren adalah melakukan masteran agar burung memiliki kicauan yang lebih bervariasi. Kamu bisa memaster burung jalak pada saat ia sedang beristirahat, waktu inilah burung akan lebih fokus untuk mendengarkan suara yang kamu dengarkan. Terkait dengan masteran burung jalak suren, kamu bisa melihatnya di link berikut ini: mkicau.com/masteran-suara-burung-jalak-suren/

11 Makanan Burung Jalak Suren biar Gacor

Pada saat mencari makanan, di alam liarnya burung Jalak Suren biasanya akan turun ke tanah. Sedangkan area favorit mereka adalah area persawahan, tempat terbuka, dan area yang dekat dengan sumber air. Jalak Suren cenderung akan memakan apa saja yang mereka jumpai dimulai dari buah-buahan, biji-bijian, serangga, cacing, kupu-kupu, sampai dengan telur serangga. Dan berikut beberapa rekomendasi makanan jalak suren biar tambah gacor.

1 Voer

Sama seperti burung lainnya, kita juga bisa memberikan voer kepada burung Jalak Suren. Ini adalah cara simple untuk memelihara burung jalak, kamu tinggal membeli voer di pakan burung, dan memberikannya kepada burung Jalak Suren secara berkala. Terkait voer yang disukai burung Jalak Suren, kebanyakan kicau mania lebih memilih voer dengan kandungan protein yang tinggi.

Baca Juga: Pria di Klaten Berhasil Ternak Ratusan Burung Jalak Bali di Kandang 3 Lantai

Beberapa voer dengan kandungan protein tinggi yang kami maksud seperti voer untuk lele, voer untuk ayam, atau bahkan voer untuk burung pada umumnya.

2 Pisang Kepok

Pisang Kepok
Pisang Kepok

Seperti yang kita ketahui bahwa burung jalak juga menyukai buah-buahan, dan salah satu buah-buahan yang sering diberikan pada burung Jalak Suren adalah pisang kepok, buah dengan kandungan vitamin C yang lumayan tinggi, yang akan meningkatkan imunitas burung. Dengan memberikan Pisang Kepok, burung jalak suren biasanya akan menjadi lebih sehat.

Terkait dengan buah, kamu bisa memberikannya secara selang-seling, misalnya hari ini memberikan pisang kepok, besuk bisa diganti dengan apel, atau pepaya.

3 Buah Apel

Jenis buah lain yang bisa kamu berikan pada burung Jalak Suren adalah buah apel yang selama ini dikenal kaya akan gizi dan vitamin. Pemberian apel untuk burung Jalak bisa mengurangi adanya lemak jahat, suara kicauan menjadi lebih jernih, memperbaiki pencernaan, sampai dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Tidak hanya itu, pemberian apel pada burung jalak juga bisa membuat burung terhindar dari dehidrasi karena buah apel sendiri kaya akan cairan. Vitamin yang ada pada apel pasti akan membuat burung Jalak menjadi lebih sehat.

4 Pepaya

Lanjut pada makanan jalak suren agar gacor yang keempat, yakni ada pepaya, orang jawa biasa menyebut buah ini dengan nama kates, sedangkan orang sunda menyebutnya dengan kata gedang. Pepaya juga bisa kita berikan pada burung Jalak sebagai selingan antara apel dan pisang kepok. Perlu kamu ketahui bahwa pepaya memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap dimulai dari vitamin A, Vitamin B, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalium, flavonoid, sampai dengan asam panthotenic.

Ada banyak sekali manfaat yang diberikan oleh pepaya pada burung Jalak Suren dimulai dari mampu mengurangi over birahi, menurunkan suhu tubuh akibat cuaca ekstream, sampai dengan mengurangi dehidrasi.

5 Ulat Kandang

Seperti yang kami katakan, kita tidak hanya bisa memberikan voer dan buah, extra fooding juga memiliki peran yang sangat penting agar burung Jalak Suren menjadi lebih cepat gacor. Salah satu extra fooding yang bisa kamu berikan adalah ulat kandang. Bisa dibiang ini adalah extra fooding yang sangat aman untuk diberikan setiap hari pada burung Jalak Suren.

Ulat Kadang memiliki kandungan Gizi dan Protein yang sangat baik untuk kesehatan burung, dengan memberikan ulat kadang, ini akan menstimulus burung jalak untuk lebih rajin berkicau atau gacor.

6 Ulat Hongkong

Selain itu, kita juga bisa memberikan ulat hongkong pada burung jalak suren, namun sayangnya jika untuk harian, kandungan gizi dan proteinnya masih bagus ulat kandang. Namun sayangnya ada efek samping jika kita terlalu sering memberikan ulat hongkong pada burung, salah satunya adalah membuat burung menjadi cepat gemuk dan over birahi.

Biasanya ulat hongkong hanya digunakan sebagai doping saja untuk moment-moment tertentu, misalnya burung akan diperlombakan, menghangatkan tubuh pada musim dingin, dan moment-moment penting lainnya.

7 Jangkrik

Seperti yang sudah kami katakan, di alam liar, burung jalak suren biasanya juga memakan serangga, dan tentu saja Jangkrik menjadi salah satu makanan favorit jalak suren. Perlu mkicau lovers ketahui bahwa jangkrik memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dimulai dari asam amino, hormon steroid, hormon estogen, protein, karbohidrat, sampai dengan lemak.

Terkait dengan cara pemberian jangkrik ke burung Jalak Suren, selama ini ada dua cara yang sering dilakukan oleh kicau manuai, dimulai dari menghilangkan kepala dan kakinya terlebih dahulu, sampai diberikan saja secara langsung kepada si burung seperti di alam liar.

8 Kroto

Makanan jalak suren yang kedelapan dan menjadi favorit banyak kicau mania adalah kroto, yang merupakan telur atau larva dari rangrang, kalau orang jawa biasanya menyebutnya sebagai nangkrang. Kamu yang hobby memberikan kroto pada burung harus tahu bahwa dalam 100 gram kroto terdapat protein sampai 8,2 gram, lemak dan kalori 2,6 gram. Selain itu juga terdapat niacin, vitamin B1, Pottasium vitamin B2, sodium, zat besi, sampai dengan mineral.

Pada jalan suren anak-anak, pemberian kroto mampu membuat jalak suren trotol memiliki pertumbuhan yang bagus, perkembangan otak agar burung menjadi lebih pintar.

9 Cacing

Ini sebenarnya juga termasuk salah satu makanan burung jalak suren di alam liar, biasanya untuk mencari cacing tanah, burung jalak suren akan turun ke tanah, lalu mencongkel tanah untuk menemukan cacing atau makanan lainyang tersembunyi di balik tanah. Karena ini adalah makanan alaminya, tentu saja cacing bagus untuk burung jalan suren.

Dalam cacing tanah, ada sekitar 72% protein dan juga asam amino yang sangat baik untuk memperbaiki pertumbuhan dan perkembangan burung jalak suren.

10 Belalang

belalang
belalang

Jika jangkrik sulit untuk kamu temukan, kamu bisa memberikan belalang sebagai alternatif extra fooding pengganti jangkrik. Dari beberapa pengalaman kicau mania, belalang mampu membuat burung menjadi lebih gacor, tidak hanya itu saja, burung yang rutin diberikan belalang juga dikenal memiliki warna bulu yang lebih mengkilap.

Belalang memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Dalam 100 gram belalang terdapat protein kasar sebanya 62 gram, lemak kasar sebanyak 15,5 gram, sampai dengan serat kasar sebanyak 12,4 gram.

11 Kerikil Kecil

Saat turun ke tanah, burung jalak tidak hanya memakan serangga, biji-bijian, dan juga buah-buahan, namun kadang juga memakan pasir atau kerikil dalam ukuran kecil. Jalak suren memakan pasir dan kerikil kecil sendiri agar pencernaanya semakin bagus. Sesekali, kamu bisa memberikan ini kepada burung jalak suren. Salah satu caranya yakni dengan menghaluskan batu bata atau bahkan juga bisa genteng.

Baca Juga: Suara Burung Jalak Suren Gacor Full Isian Mewah MP3

Itulah 11 makanan jalak suren yang bisa kamu berikan agar si jalak suren lebih gacor dan rajin berbunyi. 11 jenis makanan ini tidak harus kamu berikan semuanya, cukup memberikan secara selang-seling saja, misalkan voer sebagai makanan harian, buah sebagai pelengkap, dan juga extra fooding untuk kebutuhan nustrisi burung.

Write A Comment