mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Meskipun ukurannya kecil, namun kolibri adalah salah satu jenis burung yang cukup digemari oleh para kicau mania. Tidak hanya karena kicauannya yang menawan atau warna bulunya yang unik, namun masih banyak keistimewaan lain burung kolibri yang membuat kicau mania begitu mengidam-ngidamkan burung yang satu ini.

Keistimewaan Burung Kolibri yang Harus Kamu Tahu

Kamu salah satu orang yang memelihara burung satu ini? Dan ingin tahu apa saja keistimewaan burung kolibri? Yuk simak ulasan kita kali ini.

1. Terdapat 300 Spesies

Di Indonesia, jenis burung kolibri mungkin hanya belasan dimulai dari kolibri ninja, kolibri sepah raja, kolibri wulung, kolibri srigati, dan kolibri-kolibri lainnya. Namun jika kita mengacu pada spesies ini diseluruh dunia, jumlahnya ada banyak, bahkan sampai 300 spesies. Dilansir dari wikipedia, ada sekitar 300 spesies yang hidupnya di Amerika Serikat, lebih tepatnya hutan Amazon. Jenis lain seperti ensifera, dan sword billed hidup di sekitaran pegunungan ades.

Baca Juga: 9 Makanan yang disukai Burung Kolibri

2. Ukurannya Kecil

Apakah kamu akan percaya jika ternyata kolibri adalah burung dengan ukuran terkecil didunia? Faktanya memang demikian, salah satu jenis burung kolibri adalah burung yang tercatat sebagai burung dengan ukuran paling kecil didunia. Burung kolibri yang kami maksud adalah kolibri lebah, dimana diusianya yang sudah dewasa saja, ukurannya hanya mencapai 5,7 cm, ini sudah termasuk paruh sampai dengan ekor.

Dengan ukuran yang sekecil itu, kamu bisa membayangkan berapa berat burung kolibri? Ternyata sangat ringan, yakni hanya sekitar 1,6 gram saja. Jika kamu pernah menimbang berat uang logam 1 ribuan, berat burung kolibri lebah ini jauh lebih ringan.

3. Terbang dengan Cepat

Meskipun ukurannya kecil, namun burung kolibri dikarunia kemampuan untuk menggerakan sayap dengan kekuatan penuh, di beberapa literatur bahkan ditulis, burung kolibri mampu mengepakan sayapnya 50 sampai 200 kali dalam satu detik. Beratnya yang ringan, dan kemampuannya mengepakan sayap demikian cepat, membuat burung kolibri mampu terbang dengan kecepatan penuh.

4. Bisa Terbang Sangat Jauh

Ukurannya kecil, bisa mengepakan sayap dengan kecepatan yang luar biasa, bukan berari kolibri adalah burung yang hanya jago sprint, bahkan kolibri bisa dibilang adalah pelari maraton yang sangat ulung, yaps burung kolibri bisa terbang dengan jarak yang sangat jauh. Inilah salah satu keistimewaan burung Kolibri, pada saat mereka melakukan migrasi, kolibri rufus bisa bepergian sampai 4800 km, lebih tepatnya dari alasaka sampai Kanada, bahkan bisa sampai meksiko.

5. Mental Fighter

Untuk kamu yang sudah pernah memelihara burung kolibri, mungkin kamu sudah tahu bahwa kolibri adalah salah satu burung yang dikaruniai mental fighter. Di dalam liar, burung kolibri adalah burung yang hidup berdasarkan teritori masing-masing, nah ketika ada burung lain, entah ukurannya lebih besar atau sama, burung kolibri tidak segan untuk melawan dan mengusirnya.

6. Suka yang Manis-manis

Entah ini termasuk salah satu kelebihan burung kolibri atau tidak, namun yang jelas burung kolibri menyukai makanan yang manis, tepatnya makanan yang mengandung kalori tinggi. Ini bukan kebetulan semata, dengan mengkonsumsi makanan jenis, membuat burung kolibri tidak mudah kelelahan, meskipun dia terbang dengan kekuatan penuh atau dengan jarak yang jauh.

7. Suaranya Cantik

Sedangkan untuk bagian yang terakhir ini tentu sudah tidak asing lagi, yaps burung kolibri dikenal memiliki kicauan yang sangat unik dan menarik, misalnya sogok ontongnya yang dikenal memiliki suara kristalan yang sangat memukau. Selain itu, ada juga konin atau kolibri ninja yang sangat disukai oleh para kicau mania.

Lihat Juga: Suara Kicauan Burung Kolibri Gacor dan Ngristal MP3

Itulah 7 keistimewaan burung kolibri yang membuatnya semakin unik dan menarik untuk dipelihara. Ternyata tidak hanya suaranya saja ya yang menarik, namun masih banyak keistimewaan lain yang membuat burung ini memang beda dari pada burung lainnya.

Write A Comment