mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Pada tahun 2018 kemarin pemerintah republik Indonesia melalui BKSDA menerbitkan permen terkait satwa yang peredarannya di lindungi, disana ada sekitar 557 burung, dan khusus untuk burung madu atau burung kolibri yang dilindungi sendiri ada lima jenis. Burung madu atau yang lebih beken dengan istilah kolibri ini memang menjadi salah satu burung yang cukup di gemari oleh para kicau mania.

Sebut saja kolibri ninja, kolibir sepah raja, dan juga kolibri wulung. Namun apakah tiga jenis burung ini masuk kedalam jenis burung madu yang dilindungi? Untuk mengetahuinya silahkan simak daftarnya dibawah ini.

Jenis Burung Kolibri yang Dilindungi

Sudah sepantasnya kita yang hobby memelihara burung ikut membantu pemerintah melestarikan burung-burung yang masuk dalam tanda merah. Salah satunya dengan tidak memelihara burung di lindungi secara ilegal. Jika kita memang benar-benar berniat ingin memelihara burung tersebut, sebaiknya membeli burung yang memang sudah mendapatkan sertifikat dari BKSDA. Dan berikut daftar burung madu yang dilindungi di Indonesia:

1. Madu Sepah Raja

burung madu sepah raja jantan dan betina

Burung madu sepah raja adalah jenis burung kolibri pertama yang kami kenalkan kepada mkicau lovers sebagai burung yang di lindungi. Alasan kami menempatkan spesies dari faamily Nectariniidae di urutan pertama adalah karena burung ini termasuk salah satu jenis kolibri yang cukup di minati oleh kicau mania Indonesia. Tidak hanya karena memiliki warna bulu yang menarik, namun juga karena kicauannya.

Baca Juga: 9 Makanan Burung Kolibri di Alam Liar

Sebenarnya kolibri sepah raja bisa kita temui di berbagai negara, idak hanya Indonesia, namun juga Cina Selatan, Vietnam, India, sampai antartika. IUCN telah melaporkan bahwa keberadaan burung ini dialam liar sudah menghawatirkan, bahkan ada risiko kepunahan. Habitat aslinya yang sudah mulai rusak dan masifnya penangkapan burung adalah beberapa faktor yang menjadi pemicunya.

2. Madu Jawa

Burung madu jawa jantan dan betina

Meskipun namanya burung Madu Jawa, namun sebenarnya burung madu yang sudah di lindungi sejak tahun 1999 ini bisa kamu temukan juga di Bali. Ya, pulau Bali dan pulau Jawa menjadi tempat habitat asli dari burung dengan nama ilmiah Aethopyga Mystacialis ini. Memang burung Madu Jawa termasuk burung yang berkembang biak sepanjang tahun, namun status keberadaanya di alam liar sedang.

Burung Madu jawa termasuk burung yang antara jantan dan betina sangat mudah dibedakan. Burung Madu Jantan memiliki perpaduan bulu yang sangat mencolok yakni warna merah, sedangkan untuk betinanya memiliki bulu yang didominasi oleh warna abu-abu zaitun.

3. Madu Sangihe

burung madu sanghinge

Burung Madu Sangihe, seperti nama sebuah pulau yang ada di Sulawesi Utara ya? Memang burung ini hanya bisa kita temui di pulau Sangihe. Dan tidak hanya pemerintah Indonesia saja, Internasional Union for Conservation of Nature sebagai sebuah badan konservasi dunia juga sudah menetapkan burung ini sebagai burung yang di lindungi.

Perlu kamu ketahui, jumlah burung ini kurang lebih sekitar 13 – 29 ribu saja untuk cakupan dunia, dan ini tentu saja bukanlah jumlah yang besar. Ada beberapa alasan yang menjadikan populasi burung ini sangat kecil seperti habitat asli yang mulai menipis sampai wilayah persebaran yang sangat sempit.

4. Madu Sumba

burung madu sumba

Pada daftar keempat jenis kolibri yang dilindungi ada burung Madu Sumba, salah satu spesies burung madu endemik dari Indonesia yang hanya bisa kamu temukan di daerah dengan klasifikasi dataran rendah di pulau Sumba. Sama seperti burung sepah raja, burung madu sumba jantan juga memiliki warna bulu sangat menarik, yakni kombinasi antara kuning, hjau zaitun, jingga tua, dan biru metalik.

Burung Madu Sumba dikenal sebagai burung yang sangat galak, terlebih ketika melihat burung madu jantan lainnya, hal ini karena ia termasuk jenis burung teritorial, yang akan mempertahankan wilayahnya ketika ada yang coba masuk ke daerah tersebut.

5. Madu Leher Merah

burung madu leher merah jantan dan betina

Dan ini adalah jenis burung madu dilindungi terakhir yang kelastariannya juga patut kita jaga, yakni ada burung Madu Leher Merah dengan nama latin Anthereptes Rhodolaemus dengan ukuran kecil, kurang lebih sekitar 12 cm. Khusus di Indonesia, burung ini bisa kita temukan di daerah Kalimantan dan Sumatra. Sedangkan untuk luar negri sendiri yakni Semenanjung Malaysia dan juga Palawan.

Burung madu leher merah masuk kedalam burung yang statusnya dilindungi sejak tahun 1999 dengan status hampir terancam. Konon salah satu penyebab kenapa burung ini menjadi semakin sulit ditemui adalah karena adanya perburuan untuk dijadikan hewan peliharaan.

Baca Juga: Daftar Burung yang dilindungi di Indonesia

Itulah lima jenis burung madu yang keberadaanya mulai langka dan di lindungi, sehingga siapaun yang ingin memeliharanya, harus melakukan izin kepada BKSDA. Ternyata burung kolibri ninja yang selama ini sangat diminati oleh kicau mania masih aman statusnya.

Write A Comment