mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Berbicara soal burung perkutut yang lazim untuk di pelihara selama ini ada dua, yakni perkutut lokal dan bangkok. Perkutut lokal adalah salah satu jenis perkutut yang pada umumnya lebih disukai mereka, orang jawa yang sudah berumur yang memelihara perkutut sebagai kelangenan. Sedangkan perkutut bangkok umumnya lebih disukai oleh mereka yang mengidam-ngidamkan burung perkutut dengan suara lebih besar.

Ciri-Ciri Burung Perkutut yang Bagus dengan Suara Besar

Kamu termasuk orang yang suka memelihara burung perkutut yang mana? Sudah kah kamu tahu ciri ciri perkututu yang bagus? Dalam kesempatan kali ini mkicau akan mengajak kamu untuk mengetahui perkutut yang bagus untuk dipelihara, baik lokal atau bangkok.

1. Badan Proporsional

Untuk ciri ciri burung perkutut yang paling bagus pertama adalah memiliki badan proporsional. Badan proporsional itu seperti apa? Yakni badannya tidak perlalu gemuk, pada bagian dada terlihat pas atau bidang, dan yang terakhir punggungnya sedikit membungkuk.

Lihat Juga: Suara Burung Kutilang Garuda Gacor MP3

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat pada bagian bulu burung perkutut. Burung perkutut yang bagus adalah burung yang tidak hanya dari indukan berkualitas, namun juga burung yang secara makanan terpenuhi. Jika kebutuhan pakan terpenuhi, biasanya si burung akan cenderung memiliki bulu yang lebih mengkilap.

2. Kepalanya Lonjong

Ciri yang kedua ini juga berlaku untuk burung perkutut lokal yang bagus ataupun perkutut bangkok, yakni bagian kepalanya agak lonjong, jika kita perhatikan sekilas, tampilannya mirip dengan bentuk buah pinang yang masih muda. Jika pada bagian kepala sudah demikian, kamu bisa mulai memperhatikan pada bagian paruh.

perkutut yang bagus suaranya biasanya memiliki bentuk paruh yang tidak terlalu panjang, namun lumayan tebal.

3. Mata Jernih

Mata adalah indra yang paling penting bagi setiap mahkluk hidup, begitu juga dengan burung perkutut kelas A dengan suara yang besar. Pada saat membeli burung perkutut, kamu bisa memilih burung perkutut dengan mata yang tampak jernih, tajam, dan tampak indah dipandang.

Jika kita lihat secara lebih jelas, mata burung perkutut yang bagus juga memiliki titik mata berwarna hitam dan agak lebih besar, hal ini juga yang membuat burung perkutut jawara biasanya memiliki mata yang lebih tajam.

4. Leher agak Panjang

Jika kita mendengar kicauannya, tentu kita bisa dengan mudah membedakan mana burung perkutut yang bagus dan tidak. Lalu bagaimana jika burung tersebut masih kecil? Kamu juga bisa melihat pada bagian leher si burung, karena leher adalah bagian dari kantung suara si burung, yang tentu akan berpengaruh dengan kualitas suara burung perkutut.

Cari burung perkutut dengan leher yang lumayan panjang dan juga tegap lurus. Lalu ciri yang selanjutnya juga terpadat pada bagian kantungnya, yakni leher dibagian bawah yang terlihat menggelembung dan agak menonjol.

5. Kaki yang Kuat

Badan yang proposional sebenarnya mencakup semua bagian tubuh, dalam hal ini termasuk kaki burung perkutut. Benar sekali, kaki burung perkututu yang juara biasanya memiliki kaki yang kuat dan tampak kokoh. Pada saat berdiri, dia terlihat begitu elegan dan gagah.

Tidak hanya kaki-kakinya yang kokoh, pada bagian jari burung perkutut juga agak panjang dan memiliki sisik-sisik yang agak kasar. Meskipun kalau disentuh terasa kasar, namun perkutut ini biasanya kalau dilihat dari jauh sisiknya tampak sangat rapi.

Sedangkan untuk warnanya, biasanya perkutut yang baik memiliki kaki dengan agak hitam pada bagian sisiknya, sedangkan pada bagian telapak tentu berwarna putih.

6. Supit Lentur dan Renggang

Lanjut pada ciri ke 6, perlu kamu tahu bahwa ciri perkutut yang paling bagus bukanlah burung dengan sumpit atau tulang pada bagian ekor yang rapat. Sebaliknya, burung perkutut yang bagus justru memiliki sumpit yang agak renggang dan tidak terlalu keras, namun ujungnya tampak begitu runcing.

Lalu bagaimana dengan bulu atau bagian ekornya? Burung perkututu terbaik biasanya memiliki ekor yang agak panjang namun agak tebal dan berkumpul.

7. Suaranya

Dari 6 ciri diatas, sebenarnya ciri 2 perkutut bagus yang sangat penting dan utama terdapat pada nomor 7 ini, yakni suaranya. Karena bagaimanapun, kita memelihara burung perkutut karena suaranya yang sangat indah ini, maka dari itu, meskipun ciri tubuh yang sudah kita bahas diatas tidak terlalu bagus, namun jika ciri nomor 7 ini sudah sangat memuaskan, tentu tidak ada salahnya jika kita memilihnya sebagai hewan peliharaan.

Baca Juga: Masteran Burung Jalak Uren Gacor durasi Pendek MP3

Perkutu bagus biasanya memiliki suara yang panjang, jernih, dan agak narik. Jika burung dalam kondisi masih muda, suaranya jernih dan agak tebal, bukan sebaliknya. Lalu, variasi kicauan dilantunkan dengan santai, namun memiliki irama.

Itulah 7 ciri ciri burung perkutut bagus dan cocok untuk dijadikan maskot pada saat mengikuti lomba. Memang memilih perkutut yang seperti ini lumayan sulit, namun jika kamu sudah menemukan satu saja, kami yakin akan sangat bahagia ketika kita bisa melihat kualitas kicauannya.

Write A Comment