mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Dari berbagai masalah yang sering terjadi pada burung cendet, cendet mbagong, cendet miyik, atau cendek gembung adalah salah satu permasalahan yang cukup sulit untuk diselesaikan. Padahal burung cendet atau pentet ini masuk kedalam burung dengan sifat yang galak, bahkan beberapa orang menyebut cendet sebagai burung “Jagal Pengintai” karena sangking ganasnya.

Melalui artikel kali ini kami mengajak mkicau lovers untuk mengetahui cara mengatasi cendet mbagong atau miyik. Namun sebelumnya kami akan menjelaskan tentang penyebab kenapa burung cendet ini jadi gembung atau miyik ketika bertemu dengan orang.

Penyebab Cendet Dewasa Miyik

Cendet miyik adalah kondisi burung cendet yang biasanya akan mengeluarkan suara “ciet ciet ciet” sambil membuka sayapnya seolah akan terbang. Ini sebenarnya adalah cara anakan cendet ketika akan meminta makanan kepada induknya atau kepada juragannya.

Sedangkan cendet mbagong yang kadang disebut gembung (karena bulunya menggembung) adalah kondisi cendet diam dengan menggembungkan bulunya ketika bertemu dengan juragannya. Kadang disertai dengan turun dari pangkringan.

Baca Juga: Perawatan Burung Pada Saat Musim Hujan

Bisa dibilang hal ini merupakan bentuk manja dari burung cendet kepada pemiliknya, dan sebenarnya ini sangat berlawanan dengan naluri alami burung cendet dewasa, jika tidak ada yang salah dalam pola perawatan, burung cendet dewasa pasti akan galak. Dari hal ini bisa kita tarik kesimpulan bahwa ketika burung cendet dewasa mbagong atau miyik, berarti ada pola perawatan yang salah, seperti:

Jarang diberi EF

Seperti yang sudah kami katakan bahwa cendet adalah burung pemangsa yang biasa memakan daging, bahkan di alam liarnya tak jarang burung ini berkejar-kejaran dengan burung kecil lainnya. Selain itu cendet memiliki paruh yang berbeda dengan burung kutilang, secara alami burung ini memang mekakan daging, dan paruhnya mampu merobek makanan itu dengan sangat baik.

Jika kita selalu memberikan makanan berupa voer, tentu saja ia tidak akan mendapatkan pengalaman alaminya sebagai burung predator, akibatnya burung menjadi manja dan suka miyik.

Makanan yang Kurang

Penyebab burung cendet miyik yang kedua adalah karena ia tidak mendapatkan makanan yang cukup. Jika kita sering kelupaan memberikan makanan pada si burung, tentu burung akan terus merasa lapar, akibatnya ketika ia bertemu dengan juragannya, akan memperlihatkan sikap miyiknya, dimana sebenarnya ia sedang meminta makanan.

Terkait hal ini kami pernah mengalaminya sendiri, burung yang kurang kita perhatikan, dalam artian kebutuhan makanannya di dalam sangkar sering kelupaan, biasanya burung ini akan lebih manja.

Cara Mengatasi Cendet Mbagong atau Miyik

Diatas adalah dua penyebab kenapa burung cendet sering miyik dan manja kepada pemiliknya. Jika kita sudah terlanjur menerapkan pola perawatan yang salah? Bagaimana cara mengatasi cendet miyik?

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan? Namun kamu perlu tahu bahwa, semua cara dibawah ini harus kamu lakukan, jika ada beberapa langkah yang kamu lewati, biasanya tingkat keberhasilannya akan kecil, karena setiap langkah memiliki maksud dan tujuan yang saling berkesinambungan.

1. Memberikan Makanan yang Cukup

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika burung cendet dewasa sudah mulai miyik adalah dengan memastikan burung mendapatkan kebutuhan makanan yang cukup. Tidak hanya berupa voer, kita sebagai pemelihara juga harus memastikan bahwa si burung mendapatkan asupan makanan lain yang memang dibutuhkan oleh si burung, salah satunya Extra Fooding seperti jangkrik dan juga kroto.

Namun ketika si burung sudah memiliki kebiasaan miyik atau mbagong, memastikan makanan yang cukup saja masih kurang, kita perlu melakukan suatu hal yang bisa mengubah kebiasaan tersebut, salah satunya seperti dibawah ini.

2. Memberi Tahu Burung Bahwa itu Salah

Selanjutnya kita bisa memberi tahu kepada si burung bahwa miyik atau mbagong adalah hal yang salah, bagaimana cara memberi tahu kepada si burung bahwa kebiasaanya itu salah? Ada banyak cara, beberapa kicau mania sering menyebutnya dengan terapi kejut.

Ada beberapa terapi kejut yang bisa kamu lakukan seperti menggebrak sangkar ketika burung cendet mulia miyik dan mbagong, atau juga bisa menyemprotnya dengan air.

Bagaimana kalau burung menjadi kaget dan trauma? Bukankah hal ini justru membuat si burung tidak mau berkicau? Memang itu adalah efek negatif dari proses yang kedua ini.

Dan jika kita ingin menghentikan burung cendet kita miyik, trauma ini tidak bisa dihindarkan, namun tidak apa, kedepannya kita bisa menghilangkan traumanya. Itulah alasan kenapa beberapa proses harus dilalui hingga akhir, tidak boleh berhenti di terapi kejut saja.

Lakukan terapi kejut ini sampai burung tidak lagi miyik ketika melihat Anda, meskipun pada akhirnya burung menjadi takut dan trauma.

3. Lakukan Pengkrodongan

Ini adalah bagian dari proses menghilangkan trauma dan ketakutan pada si burung, yakni dengan melakukan pengrodongan pada burung cendet, lalu kamu bisa menggantangnya di tempat yang tidak terlalu banyak aktivitas. Pada saat ini kamu juga bisa menyetel mp3 suara air agar suasana terapi menjadi lebih maksimal. Silahkan download mp3 suara air di link berikut: mkicau.com/download-suara-air

Lakukan pengrokodngan sampai mental si burung kembali baik, dan tidak lagi menunjukkan sifat manjanya.

4. Memasukan Burung Emprit ke Sangkar

Jika hasilnya ingin lebih maksimal, setelah mental si burung kembali, kamu bisa memasukan satu burung emprit kedalam sangkar burung cendet sebagai salah satu proses dari cara mengatasi cendet miyik. Apa tujuan dari proses yang satu ini?

Yakni memunculkan sifat fighter si burung cendet, dengan adanya burung emprit di sangkarnya, sudah otomatis burung cendet akan menyerang si burung tersebut.

Jika burung emprit terlalu ekstrim dan kamu tidak tega, kamu bisa memberikan alternatif lain seperti memasukan cicak, kadal, atau binatang lain yang ukurannya kecil agar jiwa predator si burung cendet kembali muncul.

Baca Juga: Masteran Burung Cendet Gacor Pasti Bunyi MP3

Itulah serangkaian proses yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan atau mengatasi cendet miyik dan mbagong, yang pastinya akan berhasil. Meskipun membuat si burung ketakutan, pada akhirnya burung tidak lagi mbagong dan miyik. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, mkicau lover bisa berkomentar dibawah.

Write A Comment