mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Cara mencetak lovebird juara dari anakan memang tidak mudah, dibutuhkan analisa, ketlatenan, dan kadang sedikit keberuntungan untuk mendapatkannya. Namun mkicau lovers tidak perlu kuatir karena dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips terkait cara merawat lovebird juara lomba yang komprehensif, dimulai dari memilih anakan, melakukan perawatan, sampai dengan siap digantang.

Apa yang kami rangkum dalam artikel ini bisa kamu gunakan sebagai dasar untuk mencari anakan berkualitas lalu mencetaknya sebagai lovebird calon jawara lewat perawatan harian dan juga treatment khususu menjelang lomba.

Kriteria Lovebird Juara yang Disukai Juri

Jika kita ingin lovebird yang kita pelihara berhasil memenangkan lomba, hal pertama yang harus kita tahu adalah bagaimana sistem penjurian yang biasanya dilakukan. Meskipun setiap EO lomba memiliki aturan yang berbeda-beda, ternyata ada benang merah terkait kriteria lovebird juara yang biasanya di lirik oleh juri, seperti:

Baca Juga: Download Masteran Lovebird Konslet MP3

  • Memiliki Variasi Isian yang Bagus.
  • Gacor atau rajin berkicau.
  • Durasi yang Panjang (1 sampai 5 detik pendek, 6 sampai 15 detik sedang, dan 15 detik keatas masuk kategori panjang).
  • Volume atau keras tidaknya kicauan.
  • Gaya saat berkicau, lovebird ngetem pada saat berkicau lebih disukai.

Cara Mencetak Lovebird Calon Juara

Setelah mengetahui kriteria lovebird yang memiliki kemungkinan besar untuk jadi juara, selanjutnya kita bisa mencetak burung lovebird dengan goal seperti kriteria diatas. Lalu, bagaimana cara membuat lovebird juara lomba? Dalam artikel ini kami akan membagi pembahasan kedalam dua tahap, yakni memilih anakan prospek dan memaksimalkan dengan perawatannya. Kenapa bisa demikian? Menurut pengalaman beberapa kicau mania, dua hal inilah yang memiliki pengaruh signifikan terhadap berhasil atau tidaknya mencetak lovebird juara.

Perlu kita ketahui bersama, perawatan memang bisa membawa burung lovebird pada performa yang maksimal, namun faktor keturunan memiliki prosentase yang cukup besar terhadap kesuksesan burung, yakni mencapai 30%. 30% bukanlah angka yang kecil, jika kita bisa melakukan hal ini sejak awal, tentu untuk mendapatkan 100% lebih mudah dibandingkan dengan merawat lovebird dengan mengandalkan perawatan saja.

Memilih Anakan Lovebird

Seperti apa anakan lovebird yang bagus itu? Cara pertama adalah dengan mencari burung dari indukan yang memiliki kualitas bagus. Kita bisa membeli anakan dari para penangkar yang selama ini dikenal memiliki indukan bagus dan sering juara. Memang tidak bisa pasti 100% kalau indukan bagus juga akan menghasilkan anakan yang bagus, namun prosentasenya untuk juara tentu jauh lebih besar dibandingkan anak lovebird dari indukan biasa.

Jika hal ini juga masih sulit untuk dilakukan, kita bisa mencari anakan dengan ciri tertentu misalnya seperti kemampuan kicauan dari anakan lovebird, warna bulunya, atau hal lainnya. Berikut beberapa ciri kalau anakan lovebird tersebut memiliki kualitas unggulan:

  • Memiliki volume kicauan yang keras, meskipun masih anak-anak.
  • Pada saat nangkring dan berkicau, kepala akan mendongak keatas.
  • Lehernya panjang.

Perawatan Lovebird Juara

Jika kita sudah menemukan anakan yang bagus, cara membuat lovebird juara lomba yang selanjutnya adalah memaksimalkan dengan pola perawatan yang baik. Ini adalah proses yang paling berpengaruh, bahkan beberapa orang mengatakan, perawatan memiliki pengaruh sampai 70%, kita bisa memaksimalkan hal ini dengan memberikan perawatan yang baik sejak masih kecil.

Perawatan yang kami maksud disini mencakup banyak hal dimulai dari pemilihan kandang, pemberian pakan, menjaga kesehatan, sampai dengan pola pemasteran yang kita lakukan. Usia 1 sampai tiga bulan adalah golden agenya burung lovebird anakan, pada saat ini kita bisa memberikan makanan yang memang dikenal memiliki kualitas bagus, salah satunya adalah jagung muda yang memang sudah memiliki track record yang bagus sebagai salah satu pakan burung lovebird.

Baca Juga: Suara Burung Lovebird Gacor MP3 Download

Selain pakan, jangan lupa juga untuk melakukan mastering sejak usia dini, beberapa kicauan yang disukai oleh burung lovebird adalah burung srindit, suara burung cililin, sampai dengan suara cucak jenggot. Jika kamu memiliki burung diatas, kamu bisa mendekatkan burung ini pada lovebird anakan, namun jika tidak punya, kamu bisa download mp3nya di mkicau.com.

Write A Comment