mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Kicau mania mana yang tidak kenal dengan burung dengan warna dominan hitam dan orange yang memiliki ekor panjang ini. Murai batu yang memiliki nama ilmiah Copsychus malabaricus ini menjadi salah satu idola para penghobi burung. Selain memiliki kicauan yang merdu dan bisa menirukan banyak suara, burung Murai Batu juga dikenal memiliki karakter yang unik sehingga sangat tepat untuk dijadikan burung gacoan.

Apakah Mkicau Lovers salah satu orang yang penasaran kenapa burung ini disukai banyak orang? Tidak perlu kuatir karena mimin akan menunjukkan yang sebenar-benarnya karakter dan kualitas burung bernama lain Kucica Hutan ini.

7 Pesona Burung Murai Batu atau Kucica Hutan

Setidaknya ada 7 pesona yang membuat burung ini lebih menarik dibandingkan burung lainnya. Sudah penasaran? Yuk simak dibawah ini.

1. Sangat Agresif

Source: wikipedia

Ini adalah sifat alami burung Murai Batu, dimana burung ini termasuk salah satu burung yang akan mempertahankan daerah teritorialnya kepada siapapun yang coba mendekat. Hal ini membuat beberapa penghobi burung menyebutnya sebagai burung dengan mental fighter yang sangat mudah tersinggung.

Baca Juga: 12 Burung yang Bagus untuk Isian Murai Batu

Kalau kita sebagai manusia yang mudah tersinggung memang menjadi tidak menarik, namun akan lain ceritanya dengan hal ini terjadi pada burung gacoan. Ketika dibawa ke area lomba, burung murai akan langsung menunjukkan ekor dan berkicau dengan lantang yang sebenarnya untuk menjukan siapa yang paling berkuasa disini.

2. Pandai Berkicau

Murai Batu bukanlah seperti burung gereja atau burung flamboyan yang hanya bisa berkicau dengan suara aslinya. Burung ini selain agresif juga termasuk burung yang sangat cerdas, sangking cerdasnya bahkan bisa menirukan suara burung lainnya yang sebenarnya memiliki variasi dan level yang cukup sulit.

Selain itu, kicauan alami burung ini juga sangat nyaring dan keras. Bisa mkicau lovers bayangkan, bagaimana jika kepintaran menirukan suara burung lain dipadukan dengan kualitas suara yang mereka miliki, tentu sangat menarik.

3. Tingkah yang Unik

Source: Nus Edu

Berkicau sebenarnya menjadi salah satu cara burung untuk mengintimindasi lawan ataupun menarik perhatian burung lawan jenis. Selain berkicau, bisanya burung juga memiliki tingkah khas yang sering diperlihatkan sembari berkicau.

Begitu juga dengan burung murai batu, pada saat bertemu dengan lawannya atau ketika ia ingin menunjukkan kelihaanya, burung murai akan mengangkat dan menurunkan ekornya sambil mengulang-ulang variasi kicauan yang sudah mereka kuasa. Aksi uniknya ini tak ayal membuat para penghobi burung kepincut dengan burung murai batu.

4. Warna Bulu Cantik

Semua penghobi burung tentu akan setuju jika kami mengatakan bahwa murai batu termasuk salah satu burung yang memiliki paras cantik. Bisa dibilang warna bulu yang ada pada burung ini tampak senada dengan kualitas kicauan dan mental fighter yang ada pada burung ini. Murai batu di kharuniai 3 warna yang sangat cerah yakni hitam, jingga agak kemerahan, dan putih.

Namun dari tiga warna ini, warna hitam adalah warna yang paling mendominasi. Ini yang membuat murai batu tampak gahar.

5. Ekor Panjang

murai batu ekor panjang

Seperti yang kita ketahui, burung murai batu memiliki beberapa jenis, dan salah satu jenis yang paling disukai banyak orang adalah Murai Batu medan, tidak hanya memiliki ekor yang panjang, burung murai batu medan juga memiliki variasi kicauan yang lebih banyak sehingga disukai orang. Yaps, burung murai medan memang memiliki keunikan lain yang membuatnya lebih mempesona, yakni panjang ekornya yang bisa sampai 18 cm sampai 22 cm.

Selain murai batu medan, ada juga jenis lain yang juga sama memiliki ekor panjang, bahkan lebih panjang dari pada murai batu medan, yakni murai batu aceh yang bisa mencapai 19 cm sampai 27 cm.

6. Burung yang Jinak

Salah satu syarat hewan dijadikan hewan peliharaan adalah mudah atau bisa di jinakan, kalau tidak bisa dijinakan tentu ini tidak akan menjadi menarik. Meskipun burung murai batu memiliki mental fighter dan cenderung suka bersarang di ketinggian, namun burung ini sangat mudah untuk dijinakan. Tidak hanya mudah untuk dijinakan, bahkan burung ini juga bisa ditangkarkan sendiri dirumah dalam kadang ukuran sedang.

7. Harga yang Mahal

Dan pesona terakhir dari burung murai batu ini tentu sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahkan hampir sebagian besar kicau mania pasti sudah tahu, yakni memiliki harga yang mahal. Harga burung murai batu yang mahal ini sebenarnya sangat wajar kita lihat dari beberapa kelebihan yang kita bahas disini.

Tidak hanya memiliki bulu yang cantik, murai batu juga di kharuniai dengan kepintaran, mental bagus, dan tingkah lucu. Apalagi dulu burung ini sempat dikategorikan sebagai burung langka, meskipun sudah bukan hewan yang bukan di lindungi, hal itu tetap membuat murai batu menjadi salah satu burung yang esklusif.

Baca Juga: Masteran Murai Batu Ngerol Nembak Langsung Nyaut MP3

Sampai juga pada 7 pesona burung murai batu dengan segala kecantikan, keunikan, dan keindahan pada burung ini. Bagaimana, setelah membaca dan mengetahui 7 point diatas, tentu mkicau lover sangat setuju bukan kalau pada akhirnya burung ini menjadi idola banyak orang?

Write A Comment