mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Burung Sogok Ontong adalah burung yang masuk dalam kategori burung madu, dimana burung ini di Indonesia memiliki nama asli Burung Madu Srigati. Ia termasuk burung yang mudah untuk kita jumpai, karena mereka biasa hidup di hutan manggrove, bagian semak pantai, sampai dengan pekarangan rumah.

Di Alam liar, makanan burung Sogok Ontong beragam dimulai dari nektar sampai dengan buah-buahan. Tidak hanya itu, ia juga kerap memakan serangga berukuran kecil sampai dengan laba-laba. Kamu termasuk orang memelihara burung Sogok Ontong, dan ingin tahu apa makanan sogok ontong? Kamu bisa menyimak artikel berikut ini.

Apa itu Sogon?

Sogok Ontong (sering disingkat sogon) merupakan burung dari keluarga Nectariniidae dengan marga Nectarinia. Di Indonesia, burung ini dikenal sebagai burung yang memiliki kicauan cukup menarik, yakni suaranya nyuling dengan volume cukup keras. Memiliki paruh lancip panjang yang digunakan untuk menghisap nektar yang ada pada bunga.

Baca Juga: 5 Burung Kolibri yang dilindungi di Indonesia

Jika kamu ingin memelihara burung Sogon sebagai kicauan dirumah, akan lebih baik jika kita memelihara yang jantan saja. Selain memiliki kicauan yang menarik, Sogok Ontong jantan juga memiliki warna yang jauh lebih menarik. Yakni pada bagian leher terdapat warna hitam metalik yang sangat menarik.

Makanan Burung Sogok Ontong

Ketika kamu sedang melihat-lihat pekarangan rumah, mungkin kamu akan menemukan sarang burung Sogok Ontong yang biasanya menggantung di dahan pohon. Ternyata dalam sarang tersebut ada anaknya, dan kamu hendak memeliharanya. Pertanyaan selanjutnya yang terlintas dikepala kamu mungkin saja “burung sogok ontong makan apa ya?” kami akan membagikan informasinya kepada kamu dibawah ini.

1. Racikan Sendiri

Rekomendasi makanan sogon yang pertama adalah racikan sendiri yang sebelumnya sudah kami bahas di artikel ini (Racikan makanan untuk burung Kolibri). Ada sekitar 6 racikan yang bisa kamu buat dan berikan pada sogon. Dalam artikel tersebut, komposisi bahan makanan sudah kami sesuaikan dengan kebutuhan nustrisi dan vitamin sogon agar tidak kurus dan akhirnya mati. Namun jika meracik sendiri cukup sulit untuk kamu lakukan. Kamu bisa memilih opsi lain dengan beberapa makanan dibawah ini.

2. Madu

Seperti yang kita tahu, burung Srigati di alam liar terbiasa memakan madu, nah kita juga bisa memberikan madu sebagai makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung sogon. Selain itu, madu sebenarnya juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk burung Sogok Ontong dimulai dari menjaga stamina, sebagai makanan penyembuh masalah pernapasan, kicauan jauh lebih lantang, mengurangi gejala pada burung stres, dan masih banyak lagi lainnya. Ini adalah salah satu cara yang cukup praktis, kamu bisa menyimpan madu asli sebagai makanan sogon.

3. Kroto

Diatas sudah kami jelaskan bahwa di alam liar, burung Sogok Ontong juga memakan serangga dan juga laba-laba kecil. Untuk mencukupi kebutuhan extra fooding hewani, kamu bisa memberikan kroto segar pada burung Sogok Ontong. Namun, biasanya Sogon tidak langsung mau makan, perlu beberapa latihan hingga pada akhirnya ia bisa mengkonsumsi kroto.

Cara untuk melatih burung Sogok Ontong memakan kroto adalah dengan menyiapkan kroto segar dalam wadah burung, lalu berikan madu atau racikan yang sudah terbiasa dimakan oleh sogon. Seiring berjalannya waktu, biasanya Sogon akan memakan kroto yang kamu hidangkan.

4. Ulat Kandang

Rekomendasi makanan sogon yang selanjutnya adalah ulat kandang, salah satu makanan tambahan hewani yang sangat bagus untuk burung Sogok Ontong. Dibandingkan dengan ulat hongkong, ulat kandang adalah makanan yang cukup aman untuk kita berikan pada sogon, karena tidak banyak efek samping yang seperti over birahi. Ulat kandang akan memastikan bahwa burung mendapatkan Gizi dan Protein yang cukup.

5. Makanan Instan

Kenapa kami namakan makanan instant? Ya karena makanan burung kolibri srigati ini cukup mudah untuk kita buat dan sajikan pada burung. Sudah banyak kicau mania yang mencoba makanan ini dimulai dari susu kental manis, Susugsm ditambah gula, sirup marjan yang ditambah susugsm seperti dancow, sampai dengan sambil nektar yang banyak dijual di marketplace.

6. Pepaya

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa burung Sogok ontong bisa memakan buah-buahan, salah satunya adalah buah pepaya. Jika sudah lama tidak kamu berikan buah-buahan, kamu juga bisa mencoba memberikan pepaya sebagai makanan tambahan. Dan perlu kamu ketahui bahwa pepaya sebenarnya adalah makanan alami burung Sogok Ontong di alam liar.

Baca Juga: Suara Masteran Burung Sogok Ontong MP3

Itulah makanan terbaik untuk burung Sogok ontong yang pastinya sangat disukai dan cepat membuat si burung menjadi gacor. Dari beberapa rekomendasi yang kami berikan, kamu lebih suka yang mana? Atau justru kamu punya racikan sendiri? Kamu bisa berbagi dengan kicau mania lainnya melalui kolom komentar dibawah ya.

Write A Comment