mkicau.com adalah sebuah website yang kami hadirkan untuk para kicau mania di Indonesia dengan konten yang berkualitas. Ketika kamu mencari tutorial burung di Google, tambahkan mkicau pada setiap kata kunci yang kamu ketikan, untuk menemukan artikel berkualitas dari kami.
Cari artikel Mkicau.com disini:

Bagi orang yang sudah terbiasa memelihara burung murai batu, tutorial cara membuat murai batu jadi fighter mungkin terdengar aneh. Kenapa? Karena pada dasarnya burung murai batu adalah burung teritorial yang tidak segan untuk melawan jika ada burung murai lainnya yang mendekat. Mereka akan langsung emosi dan mencoba untuk mengeluarkan kicauan terbaiknya.

Jadi bisa dibilang, secara naluriah, jika tidak ada kesalahan dalam pola perawatan, burung murai akan memiliki sifat fighter, yakni akan langsung gacor ketika bertemu dengan murai lain. Dan memang ini juga yang menjadi salah satu daya tarik burung ini.

Meskipun demikian, kadang di lapangan ada saja burung murai yang loyo, terlihat tidak memiliki mental ketika di gantang. Jika sudah begini, mencari tahu cara menaikan emosi murai batu agar menjadi gacor adalah pilihan yang tepat. Namun sebelum itu, kami akan mengajak kamu untuk mengetahui beberapa penyebab kenapa murai batu kalah mental.

Penyebab Murai Batu Kalah Mental

Biasanya ada 5 hal yang embuat murai terlihat kurang ngotot, atau kalah mental. Yuk kita cari tahu melalui ulasan dibawah ini:

  • Masalah Kesehatan: jika memang saat itu burung sedang ada masalah dengan kesehatannya, atau baru saja pulih, maka sangat wajar jika murai tidak ngotot. Selain itu, pasca mabung juga sering membuat mental burung tidak terlalu fighter.
  • Kurang Gerak: Tidak terbiasa untuk bergerak dengan bebas juga bisa membuat murai menjadi kurang ngotot.
  • Makanan Tidak Cocok: selain itu, pemberian makanan seperti voer dan setelan extra fooding yang salah juga bisa membuat murai kurang ngotot.
  • Tidak dijemur: Apakah kamu termasuk orang yang suka menjemur burung murai? Jika tidak, sangat wajar jika murai kamu kurang begitu ngotot dan memiliki menjatl fighter.
  • Pola Rawat Salah: sebelum artikel ini terbit, kami sudah membahas cara merawat murai juara, barang kali kamu salah dalam melakukan perawatan. Setelah selesai membaca artikel ini, silahkan membaca artikel kami sebelumnya.

5 Cara Menaikkan Emosi Murai Batu Menjadi Fighter

Jika memang burung murai kamu kondisi tubuhnya sedang tidak baik, maka sangat wajar jika emosinya tidak maksimal. Dan tidak ada cara lain yang bisa kamu lakukan selain menunggu kesehatan burung menjadi lebih baik. Namun jika tidak, kamu wajib mencoba 5 cara membuat murai batu cepat emosi berikut ini.

1. Lakukan Penjemuran

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan mental burung murai adalah dengan melakukan penjemuran secara rutin. Jika kamu selama ini jarang menjemur murai batu, mulai besuk kamu wajib bangun pagi dan mulai menjemur murai kamu. Namun jika kamu sudah rutin melakukan penjemuran, kamu juga wajib melihat durasinya. Naikan durasi penjemuran si murai sampai dalam batas burung bisa menerima.

Baca Juga: Download Suara Murai Batu Betina untuk Pancingan Langsung Nyaut MP3

2. Kurangi Mandi

Berbeda dengan point yang pertama dimana kita bisa menaikkan durasi penjemuran si burung, jika selama ini kamu terlalu rajin untuk memandikan si burung, coba kurang jadwal mandi si murai. Memang memandikan burung akan membuat burung menjadi lebih sehat, namun ketika dalam kondisi memperbaiki mental murai, frekuensi mandi ini bisa kita kurangi sampai si murai kembali memiliki mental fighter.

3. Lakukan Pengembunan

Sebenarnya ini sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya, dimana melakukan pengembuanan itu sangat baik untuk kesehatan dan juga kicauan burung. Karena dengan rutin melakukan pengembuanan, saluran pernafasan burung akan membaik, yang akhirnya berimbas pada kualitas kicauan burung. Dan ternyata mengembunakan ini juga menjadi salah satu rahasia cara menaikan emosi murai batu lepas trotol.

4. Buat Umbaran

Seperti yang sudah kami bahas, salah satu penyebab burung murai terlihat ngoyo dan kurang fight karena burung kurang gerak, yakni hanya diam di sangkar saja. Jika demikian, kamu bisa memulai untuk membuat kandang besar yang nantinya akan kita gunakan sebagai umbaran murai batu. Dengan melepaskan murai ke kandang umbaran, stamina murai akan membaik dan secara tidak langsung akan memperbaiki mental si murai.

5. Naikan EF nya

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa makanan menjadi salah satu faktor yang paling menentukan kepintaran burung, dan memperbaiki makanan si burung juga bisa menjadi salah satu cara ampuh menaikkan mental murai batu. Kamu bisa memperbaiki pemberian Extra Fooding (EF) seperti kroto, ulat, atau bahkan jangkrik.

6. Perbaiki Perawatan

Seperti yang sudah sempat kami singgung, dalam artikel sebelumnya kami telah merangkum 10 cara perawatan harian murai batu, didalamnya termasuk melakukan pengembunan, memaksimalkan makanannya, melakukan penjemuran, dan lain sebagainya. Nah coba cari tahu, pola perawatan mana yang belum kamu lakukan, dan kamu bisa mulai mengadopsinya untuk memperbaiki mental si murai.

Baca Juga: 10 Perawatan Harian Burung Murai Batu yang Baik dan Benar

6 cara menaikan emosi murai batu ini adalah praktik terbaik yang sering dilakukan oleh kicau mania, dan terbukti, hasilnya lumayan memuaskan. Kamu bisa mencoba menerapkan bagian yang cocok dengan burung kamu, dan semoga berhasil. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke mkicau untuk menambah wawasan kamu terkait burung kicau.

Write A Comment