Hutan Belantara kadang menunjukkan pesonanya lewat berbagai mahkluk yang mendiaminya. Tidak hanya berisi burung cantik dengan kicauan yang memukau, kadang alam juga memberitahu kita mengenai keberadaan burung-burung aneh yang bentuknya tidak lazim. Jika selama ini sahabat mkicau terbiasa melihat burung dengan bulu yang menawan, kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengetahui burung yang bentuknya sangat aneh, bahkan tidak jarang disebut alien ketimbang hewan peliharaan.

Alien bagaimana saja kita sebenarnya tidak tahu ya haha, tapi mungkin kata ini memang sudah tepat untuk menujukan betapa tidak lazimnya bentuk burung-burung yang akan kita bahas kali ini.

10 Burung Aneh yang Mirip Alien

Untuk menjawab rasa penasaran sahabat mkicau, kami menunjukkan beberapa gambar burung aneh dan juga deskripsi singkat mengenai burung tersebut.

1. Greater Sage Grouse

burung aneh

Setelah melihat gambar diatas, tentu kamu tidak akan menolak jika memang burung ini memiliki tampilan yang sangat unik. By the way, dua lingkaran yang menojol itu bukan mata lho, itu adalah bagian dada burung Greater Sage Grouse. Bisa dibilang ini adalah burung yang memiliki ukuran cukup besar di Amerika Utara. Sedangkan makanan alaminya adalah serangga dan tanaman.

Baca Juga: Kelebihan Burung Kolibri dibandingkan Burung Lainnya

2. Philippine Eagle

philippine eagle

Dari namanya saja sahabat mkicau mungkin sudah bisa menebak bahwa ini adalah burung yang masuk dalam spesies burung elang yang hidup di Philipina. Ini adalah burung endemik yang biasanya hidup di berbagai hutan Filiphina. Bentuknya memang unik, namun sayangnya keberadaan burung ini mulai langka, dan termasuk burung yang di lindingi di filiphina sana.

3. Superb Bird of Paradise

superb bird of paradise

List ketiga ini kami hadirkan khusus buat sahabat mkicau yang penasaran dengan burung aneh dan langka di Indonesia, ada superb bird of paradise, termasuk kedalam burung cenderawasih yang memiliki tingkah dan bulu yang lucu. Selain memiliki ukuran tubuh yang kecil, superb bird of paradise juga dikenal sangat plin plan, khususnya ketika memilih pasangan.

4. Wilsons Bird of Paradise

4. Wilsons Bird of Paradise

Masih dari Indonesia bagian timur yakni papua, ada Wilsons Bird of Paradise yang masih masuk juga dalam spesies burung cenderawasih. Burung ini memiliki warna bulu yang sangat unik, total ada lebih dari 5 variasi warna, dan bagian ekornya melingkar saling berlawanan. Bagian ekor yang tentu tidak seperti burung pada umumnya.

5. King Vulture

5. King Vulture

King Vuture termasuk burung yang memang cukup aneh, terlebih jika sahabat mkicau melihat bagian kepala. Di Indonesia burung ini memiliki banyak nama dimulai dari Nasar Raja, Ruak-ruak Bangkai Raja, dan juga Hering Raja. Uniknya burung ini memiliki kepala yang botak dengan warna kulit yang suka berubah-ubah. kadang merah, kuning, biru, ungi, hingga jingga.

6. Hornbill

6. Hornbill

Layaknya Alien dan Monster, burung ini kalau kita perhatikan sangat menakutkan. Bagaimana tidak, Hornbill memiliki bentuk paruh yang justru mirip dengan tanduk sapi. Di Indonesia burung ini dikenal dengan nama Burung Rangkok, namun juga ada yang menyebutnya dengan Julang hingga Kangkareng.

7. Potoo

7. Potoo

Potoo adalah burung yang tersebar di Amerika Selatan hingga Amerika Tengah dimana burung ini sangat pintar dalam bersembunyi, hal ini karena bulu Potoo hampir mirip dengan batang pohon. Selain memiliki tampilan yang menyeramkan, burung ini juga memilii kebiasaan yang unik, yakni akan berkicau dengan suara khas, khusunya pada saat bulan purnama.

8. Cock of The Rock

8. Cock of The Rock

Bisa dibilang ini adalah burung lucu dengan bentuk yang agak aneh. Bagamana tidak, burung Cock of The Rock memiliki kepala yang unik berbentuk setengah lingkaran layaknya kipas yang sedang kita gunakan. Ini adalah burung endemik dari Amerika Serikat yang biasanya hidup di daerah Tropis dan Subtropis.

9. Condor California

9. Condor California

Tidak hanya memiliki bentuk yang menyeramkan, burung Condor California juga termasuk burung besar di kawasan Amerika Utara. Memiliki bulu yang didominasi hitam dan juga bulu bagian kepala keatas, berhasil membuat burung ini semakin menakutkan. Eits, ini masih belum selesai lho, Condor California juga bisa hidup hingga 60 tahun.

Baca Juga: Burung Commond Swift yang Mampu Terbang 10 Bulan

10. Ribbon Tailed Astrapia

10. Ribbon Tailed Astrapia

Dan inilah burung teraneh terakhir yang akan kami bagikan kepada sahabat mkicau, namanya adalah Ribbon Tailed Astrapia, sebuah burung yang hidup di negara tetangga yakni Papua Nugini dengan keunikan ekor panjang, namun hanya ada dua saja yang terlihat dominan. Perlu sahabat mkicau ketahui, Ribbon Tailed Astrapia ini panjang ekor jantanya hingga mencapai 125 cm, sedangka untuk betina hanya 35 cm saja.

Write A Comment